Thursday, August 2, 2012

DIET SEHAT, HIDUP SEHAT!


DIET SEHAT, HIDUP SEHAT!

Bagi para pemuda – pemudi, serta setiap orang yang ingin mendapatkan tubuh ideal namun sehat, ini ada tips manjur dalam menjalankan diet sehat.

  1. Karbohidrat, Mineral dan Protein.
Kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbihidrat, mineral dan protein. Karena mengandung asupan gizi yang penting untuk tubuh. Ingat, makanlah secara teratur dengan porsi secukupnya. Daripada mengurangi nasi sampai tinggal sesuap, lebih baik kita menggantinya dengan kentang atau gandum.

  1. Perbanyak Buah Dan Sayuran.
Jangan lupakanEmpat Sehat Lima Sempurna! Sayur dan buah – buahan sangat penting untuk melancarkan pencernaan.

  1. Banyak Minum Air Putih.
Minumlah minimal 2 liter atau delapan gelas/hari. Kurangi soda dan minuman berkalori. Air putih bisa mengurangi porsi ngemil kita karena kadang kita salah mengartikan rasa haus dan lapar.

  1. Kurangi Makanan Berlemak.
Kurangilah mengkonsumsi makanan yang berlemak atau berkolestrol tinggi seperti santan, gorengan, jeroan, kulit, dan daging yang berlemak.

  1. Sarapan Itu Penting.
Makanan pagi itu penting. Sarapan adalah sumber energi kita untuk menjalani hari. Tanpa makanan pagi, kita malah akan cenderung merasa lapar dan mungkin menjadi banyak makan cemilan di kantin atau restoran cepat saji.

  1. Jam Makan Malam.
Usahakan makan malam sebelum pukul 18.00. Dengan begitu, saat kita tidur makanan sudah terproses. Penumpukan lemak dalam tubuh juga dikurangi.

  1. Nikmati Makananmu.
Kunyah makanan kita setidaknya 20 kali, jangan makan terburu – buru. Makan lebih lambat bisa meningkatkan kesadaran kita kalau perut kita sudah terisi.

  1. Olahraga.
Sebagai pelajar, pekerja, serta pelaku bisnis yang sibuk dengan tugas masing – masing. Memang susah mencari waktu untuk berolahraga. Olahraga tidak harus selalu “yang berat”. Berjalan kaki secara teratur sudah cukup. Misalnya kita berkeliling kompleks ke minimarket, atau ke rumah teman atau keluarga. Sempatkan waktu untuk berjalan setidaknya 30 menit sehari. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah berenang.

  1. Jangan Berlebihan.
Sesuatu yang berlebihan tidak pernah bagus, entah itu makan, diet, atau olahraga. Kalau dilakukan dengan ‘lebay’ malah akan merusak tubuh. Sadarilah batasan tubuh kamu dan jalanilah hidup yang seimbang.

  1.  Percaya Diri.
Tingkatkan rasa percaya diri kamu. Kita harus menerima diri kita apa adanya. Kalau merasa diri kita kurang akan sesuatu hal, jangan malah minder, tetapi berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai perubahan yang diinginkan.


No comments:

Post a Comment