Friday, March 1, 2013

PELESTARIAN FERTILITAS


Kesehatan
“Tindakan kemoterapi atau radiasi yang dilakukan pada penderita kanker, dapat merusak fungsi organ reproduksi. Keadaan itu membuat mereka yang sudah sembuh akan sulit mendapatkan keturunan. Namun  kini dengan teknik fertility preservation(pelestarian fertilitas), harapan untuk dapat memiliki keturunan masih dapat diupayakan.

PELESTARIAN FERTILITAS
Bermanfaat Pertahankan Kesuburan Pasien Kemoterapi.
Fertility preservation(FP) adalah upaya untuk membantu pasien kanker tetap bisa memiliki keturunan setelah mendapatkan tindakan kemoterapi atau radiasi.
Dalam bidang kedokteran, fertility preservation merupakan bidang baru. Tindakan ini dikembangkan tidak hanya untuk membantu pemulihan kesuburan perempuan, tetapi juga di peruntukkan bagi pria yang akan mendapatkan kemoterapi atau radiasi akibat kanker.
Seperti diakui di Agus Supriyadi, Sp.OG(K), spesialis kebidanan dan kandungan RSAB Harapan Kita, Jakarta, beberapa tindakan medis yang dilakukan selama ini, seperti kemoterapi atau radiasi dapat mengakibatkan gangguan fungsi reproduksi. Akibat gangguan itu, kesempatan pasien tersebut untuk memiliki keturunan menjadi lebih kecil. Pada perempuan penderita kanker, tindakan kemoterapi dapat menghentikan mereproduksi hormone.

Terhentinya produksi hormon membuat sel telur tidak matang sehingga perempuan sulit hamil,” tutur Agus.
Disamping tidak menghasilkan sel telur, indung telur yang telah rusak karena kemoterapi menyebabkan terjadinya menopause dini. Menopause dini ditandai tidak mendapatkan haid lagi, emosi labil, kulit keriput, gairah seks menurun, muka panas dan jantung mudah berdebar. Resiko menopause dini akibat kemoterapi atau radiasi lebih besar jika tindakan itu dilakukan parah perempuan usia tua.

Sedangkan pada pria efek pengobatan itu dapat merusak sel sperma. Produksi sperma tetap berjalan tetapi jumlah dan kualitas bisa menurun. Hal inilah yang membuat pria tak bisa menghamili pasangannya,” tambahnya.
Efek kemoterapi dan radiasi terhadap kesuburan pria dan perempuan telah terbukti. Data dari amerika serikat menyebutkan, dari 800 ribu pria dan perempuan usia produktif penderita kanker yang mendapatkan pengobatan kemoterapi dan radiasi, banyak di antara mereka menjadi lebih sulit mendapatkan keturunan.

“Kerusakan organ reproduksi itu ternyata dipengarugi juga usia. Semakin tua usia pasian,risiko kerusakannya lebih besar. Itu terkait dengan kemampuan organ itu sendiri. Pada usia muda, kemampuan organ masih sangat kuat sehingga mudah pulih ketika mengalami kerusakan akibat efek dari pengobatan. Berbeda dengan organ orang yang sudah tua, kemampuannya sudah menurun, sehingga terkena gangguan sedikit saja jadi mudah rusak,” jelas Agus.



ADA TIGA TEKNIK
     Menurut Agus, meski memiliki efek terhadap kesuburan, tetapi tindakan kemoterapi atau radiasi terhadap pasien kanker harus dilakukan. Sebab hingga sekarang, kedua tindakan itu merupakan standar baku untuk penanganan penyakit kanker . terhadap efek itu, tak perlu dikhawatirkan. Sebab kini bisa diatasi dengan fertility preservation.
Terdapat tiga teknik fertility preservation.

1.    Pertama adalah freeze ovarion tissure ( membekukan jaringan ovarium). Kedua yaitu oocyte freezing (membekukan sel-sel telur), ketiga dengan cara embryo freezing(membekukan embrio). Pilihan yang paling ideal adalah oocyte freezing dan embryo freezing.Teknik freeze ovarian tissue memerlukan pembedahan untuk mengangkat jaringan ovarium. Jaringan ovarium tersebut diambil, dibekukan , dan kemudian ditanam kembali saat dibekukan, jaringan yang telah dibekukan tersebut disimpan cukup lama. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan ovarium dapat bertahan hidup dan bisa ditanam kembali untuk waktu yang tak terbatas.

2.    Teknik oocyte freezing adalah dengan membekukan sel-sel telur. Sel teluar tersebut dikeluarkan terlebih dahulu setelah dibekukan. Pada saat diperlukan nanti, sel teluar itu perlu waktu dua minggu dengan cara merangsang ovarium. Rangsangan dilakukan sejak awal haid. Karena jika pasien menginginkan cara ini, maka pengeluaran sel telur perlu segera dilakukan begitu diketahui menderita kanker.

3.    Sedangkan teknik embryo freezing dilakukan dengan menyimpan sel telur pada suhu tertentu. Pada teknik ini, sel telur dikumpulkan seperti halnya pada proses bayi tabung. Namun sel telur ini perlu dibekukan dulu sebelum dibuahi.
Sedangkan untuk pria, sebelum kemoterapi atau radiasi dilakukan, sperma diambil lebih dahulu kemudian di bekukan di bank sperma, sperma dapat disimpan selama bertahun-tahun dan dapat di gunakan kembali saat diperlukan, misalnya untuk keperluan inseminasi atau proses bayi tabung,kualitas sperma yang dibekukan ini sama seperti sebelum dibekukan.




BOLEH HAMIL SETELAH SEMBUH BETUL
Dengan adanya teknik itu, dokter dapat memberikan pilihan pada pasien kanker untuk memiliki keturunan. Banyak perempuan dapat hamil di bantu dengan teknik itu, atau bisa hamil secara alami
Meski dengan cara seperti itu kesuburan pasien pasca pengobatan kanker bisa diupayakan kembali, tetapi tidak serta merta bisa diizinkan hamil. Dokter tentu akan melakukan kajian mendalam apakah pasien sudah diperbolehkan untuk hamil atau belum.
Hal ini sangat dipertimbangkan oleh dokter mengingat kanker merupakan penyakit tak ringan. Izin baru diberikan bila pasian sudah dinyatakan sembuh betul. Penderita kanker bisa dikatakan sembuh, bilah setelah beberapa tahun tidak kambuh lagi.

Tingkat kekambuhan kanker sangat tinggi. Kekambuhan ditentukan sederajat kanker ketika tindakan itu dilakukan. Makin berat derajatnya, angka kekambuhan semakin tinggi seiring dengan telah menyebarnya akar” kanker ke berbagai tubuh. Tingkat kekambuhan juga ditentukan bersih dan tidaknya pengangkatan kanker itu sendiri. Semakin bersih sel-sel kanker diambil. Semakin kecil kemungkinan  untuk kambuh. Sebaliknya hbilang pengangkatan sel kanker kurang bersih, sel-sel yang ertinggal suatu saat bisa muncul kembali.

Seleksi masalah ini sangat ketat. Hal itu untuk menghindari yang tidak diinginkan,”Sangat berbahaya jika saat hamil ternyata kankernya belum sembuh betul. Atau saat hamil diketahui menderita kanker, dan proses persalinan diperkirakan masih lama, mnaka demi keselamatan si ibu, kehamilan harus dihentikan. Penanganan kanker tidak bisa ditunda-tunda. Harus segeran ditangani. Jika penanganan menunggu sampai persalinan, dikhawatirkan kanker sudah menyebar dan akhirnya sulit diatasi” jela Agus.
“itulah sebabnya pasien yang telah sembuh dari kanker dan ingin hamil lagi perlu dipikirkan dengan matang. Perlu konsultasi yang cermat dengan dokter yang menanganin kanker itu

MAKANAN UNTUK MENJAGA KESUBURAN
Menjaga kesuburan dapat dilakulan diantaranya dengan asupan nutrisi yang tepat. Pemilihan bahan makanan yang mengandung zat tertentu diketahui dapat memaksimalkan fungsi organ reproduksi. Beberapa makanan berikut mengandung vitamin penting untuk menjaga kesehatan reproduksi

Vitamin A
Jaringan epitel ditemukan hampir di seluruh permukaan tubuh. Termasuk pad aorgan vital dan rahim. Mengonsumsi vitaminA diketahui mampu memelihara kesehatan jaringan epitel, vitamin A dapat diperoleh dari telur, keju, hati, mentega dan wortel.

Vitamin B
Kekurangan vitamin B, B2 dan asam folat akan berpengaruh pada kesuburan. Karena itu bagi perempuan ingin  hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut. Sumber vitamin B, B2 dan asam folat dapat ditemukan pada daun selada, daging ayam, ikan, gandum, kacang-kacangan, pisang dan sayuran hijau.

Vitamin E
Vitamin ini menghasilkan antioksidan yang kuat untuk melindungi ovum dari kerusakan. Antioksidan juga dapat menurunkan risiko terhadap kanker serviks. Minyak biji bungat matahari, kacang-kacangan, biji-bijian, margarine, gandum, alpukat dan beberapa jenis minyak sayur merupakan sumber vitamin E yang tinggi.

Mangan
Metabolism hormone ostreago pada perempuan tergantung pada nutrisi ini oleh sebab itu, kekurangan mangan dapat mengurangi kesuburan pada perempuan. Cobalah untuk makan bayam,gandum,sereal gandum,kismis,nanas,kacang-kacangan, dan kacang polong untuk mendapatkan mangan yang cukup.

Phylostrego
Kandungan senyawa kimia yang berasal dari tumbuhan yang baik untuk memelihara hormone estrogen pada perempuan dapat ditemui pada kacang kedelai dan olahannya, seperti minuman dari kedelai dan tahu. Ini juga dapat membantu melindungi terhadap kanker prostat.

No comments:

Post a Comment