Friday, March 1, 2013

Glosarium Untuk Sakit Sendi


Glosarium Untuk Sakit Sendi :
Glocusamine Sulphate

Apakah itu Glukosamin sulfat?
Glukosamin sulfat adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam  tubuh manusoa, berupa cairan  yang ada di sekitar sendi. Glukosamin juga ditemukan dari sumber alami lain, seperti glukosamin sulfat dan cangkang kerang yang kerap dijadikan sebagai bahan suplemen diet. Di lain sisi , glukosamin sulfat juga dapat diformulasikan dari bahan kimiawi non alami.

Bagaimana Cara Kerja Glukosamin?
Seiring bertambahnya umur, tulang rawan manjadi rusak dan menipis. Hal ini menyebabkan gesekan sehingga menimbulkan nyeri dan rasa kaku. Mekanisme kerja glukosamin menghambat sintesisglikosaminoglikan dan mencegah destruksi tulang rawan. Glukosamin dapat merangsang sel-sel tulang rawan untuk pembentukan proteoglikan dan kolagen yang merupakan protein esensial untuk memperbaiki fungsi persendian.

Ada berapa macam bentuk GLukosamin?
Ada berbagai bentuk glukosamin, yaitu glukosamin sulfat, glukosamin hidroklorida, dan N-aseril glukosamin. Bahan tersebut memiliki beberapa kesamaan, namun efeknya sedkit berbeda. Sebagian besar penelitian ilmiah mengacu glukosamin sulfat sebagai bahan suplemen kesehatan.

Kenapa menggunakan sulfat?
Penelitian telah menemukan evidensi dari” Sulfat” dalam bagian dari glukosamin sebagai unsure yang penting. Sulfat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan tulang rawan. Inilah mengapa para peneliti percaya bahwa glukosamin sulfat mungkin bekerja lebih baik daripada bentu” glukosamin lain, seperti glukosamin hidroklorida atau N-asetil glukosamin yang tidak mengandung sulfat.

Glukosamin dapat dikombinasikan dengan apa saja?
Suplemen makanan yang mengandung glukosamin sering mengandung bahan tambahan. Bahan-bahan tambahan yang sering dikombinasikan dengan glukosamin adalah kondroitin.

Apakah kondroitin itu?
Kondroitin (chrondroitin) adalah molekul alami dalam tubuh yang berfungsi sebagai komponen utama pembentuk tulang rawan – jaringan, tangguh ikat yang bantal sendi.

Bagaimana cara kerjanya?
Kondrotin membantu menjaga tulang rawan tetap sehat dengan menyerap cairan(air) ke dalam jaringan ikat. Proses itu juga dapat menghalangi enzim yang meemcah tulang rawan dan merangsang tubuh untuk menghasilkan rawan baru.

Berasal dari bahan apa?
Kondroitin diekstreksi dari jaringan tulang rawan hewan, terutama sapi. Di beberapa tempat, kondroitin diperoleh dari sumber lain, misalnya gamat(tripang) dan juga ikan. Akan tetapi, karena senyawa ini terdapat secara alami dalam berbagai bentuk untuk berbeda, maka jumlahnya dalam suplemen tersebut akan bervariasi.

Apa kegunaan lain dari kondroitin?
Ternyata, banyak manfaat lain kondroitin bagi kesehatan. Beberapa orang menggunakan kondroitin sulfat unbtuk mengobati penyakit jantung dan menomnalkan kondroitin sulfat juga digunakan untuk mencegah kekurangan zat besi. Bahkan, ada kemasan kondroitin sulfat berbentuk tetes mata untuk mata kering dan mencegah katarak. Tak main-main, FDA(badan pengawas obat dan makanan di amerika) telah mengijinkan pengobatan mata dengan kondroitin.


No comments:

Post a Comment