Wednesday, June 13, 2012

Dapatkan Tubuh Ramping: Langkah Dasar Turunkan Berat Badan

Dapatkan Tubuh Ramping: Langkah Dasar Turunkan Berat Badan. 


Hitungan mundur hari peringatan telah tiba. Dalam satu bulan untuk mengupayakan tubh langsing seperti orang – orang di pantai, banyak usaha telah dilakukan untuk mengurangi kalori, pengurangan makan atau membuat pola makan yang ‘aneh – aneh’. Namun pada akhirnya rasa lapar, derita dan ketidak berhasilan akan menyerang.
Ahli kesehatan Kathy Freston, penulis laris dengan judul Veganist and Quantum Wellness, menawarkan upaya lebih mudah untuk menangani penurunan berat badan dan menjaga berat badan ideal. Buku baru yang berjudul The Lean: A Revolutionary (and Simple!) 30-Day Plan for Healthy, Lasting Weight-Loss membantu para pembaca untuk menurunkan berat badan dengan satu langkah kecil per hari selama 30 hari. Jika diikuti, Dia menjanjikan akan terjadi penurunan berat badan yang permanen setidaknya 0.45kg – 1.3kg/minggu, plus peningkatan energi dan pencernaan yang lebih baik.
Saat kita mencoba untuk berdisiplin, kita akan merasa menderita dan tak akan melakukannya, ujar Freston. “Namun saat kita dapat mengalahkan diri kita dan melakukan disiplin, pola makan yang sehat, kita akan berhasil menurunkan berat badan serta kita akan merasa lebih hidup dan gembira menikmati makanan yang kita santap dan kita sukai”.
Tidak seperti cara diet yang lain, Freston tidak berfokus pada “melarang makanan”. Dia menyarankan banyak makan daripada mengurangi makanan dengan makan porsi sedikit namun sering, jika sudah menambahkan santapan sehat makan tak ada lagi porsi untuk makanan yang ‘jahat’ karena anda sudah kenyang. Dibawah ini tips paling mudah dan paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan berkelanjutan.


Minum Air Sebelum Makan
Minum air yang banyak, setidaknya 8 gelas /hari (± 2 liter), adalah cara yang paling sederhana dan terbaik yang dapat anda lakukan untuk tubuh anda, kata Freston. Tetap terhidrasi memacu metabolisme anda dan minum air sebelum makan membantu anda makan sedikit, hal tersebut mengisi penuh perut anda sehingga anda tidak bisa makan terlalu banyak. Dari survei yang dilakukan, sukarelawan yang minum air sebelum makan berat badannya berkurang rata – rata 2.5kg daripada yang tidak melakukan.

Makan Buah Apel Setiap Hari
Dengan makan apel setiap hari anda bisa mendapatkan kesehatan yang memadai tanpa perlu ke dokter lagi dan celana jeans yang ukuran kecil dapat anda pakai kembali. Freston mengatakan makan apel tiap hari dapat membuat anda lebih sehat dan lebih ramping. Buah apel mempunyai serat  yang disebut pectin yang memperlambar proses pencernaan dua kali lebih lama. Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengedarkan gula darah lebih lambat dan lebih stabil. “Lain kali saat anda hendak makan kudapan atau makanan ringan cobalah sertakan apel didalamnya.

Tambahkan Biji Rami
Freston mengatakan bahwa hal yang paling mudah untuk mempercepat penurunan berat badan adalah dengan mengkonsumsi 2 sendok makan biji rami dengan dicampur kedalam havermut (oatmeal) sebagai sarapan pagi, dapat juga dicampur ke dalam salad. Biji rami rendah karbohidrat namun kaya vitamin B, asam lemak Omega-3 dan serat, dimana daapt membuat anda lebih cepat dan lebih lama kenyangnya. Anda dapat membeli biji rami di toko kelontong atau supermarket manapun dan dapat tahan selama 6 minggu disimpan di dalam kulkas.
“Pikirkan mengenai hal ini,” ujar Freston. “susu mentega dihasilkan dari susu sapi yang dipakai untuk menyusui anak sapi agar anak sapi tersebut dapat tumbuh besar dan gemuk dengan cepat, jinak dan lamban. Kita tidak menginginkan anda menjadi gemuk serta lamban.” Freston juga mengatakan jika meminum susu rendah atau tanpa lemak, melepaskan lemak namun meninggalkan laktosa, yakni gula. Cara yang paling baik adalah mengganti susu mentega dengan susu kedelai, rami, almond atau susu beras.

Jadikan Sayuran Sebagai Alternatif
“Makanan telah menjadi simbol kuat dari tradisi dan komunitas,” ujar Freston. Daripada menghindari makanan yang anda suka, Freston menganjurkan untuk mengkonsumsi alternatif yang lebih sehat. Satu solusi yang baik adalah mengganti makanan daging /hewani dengan produk sayur – sayuran. Jadi, jika anda suka hamburger, gantilah dengan yang berisi sayuran. Jika anda mengidamkan taco, isilah dengan kacang hitam daripada daging ayam. Tanaman dengan kandungan protein yang tinggi adalah seitan, tempe, kacang kedelai, kacang – kacangan dan tahu.

Jadwalkan Daftar Harian Makanan Anda
Lakukan seperti anda menjadwalkan jadwal ‘meeting’, tujuan, tugas harian anda, Freston menasehatkan dengan menjadwalkan kebiasaan makan dan olahraga anda dapat membantu untuk lebih bertanggung jawab dalam meraih kesehatan. Contoh sederhana:
6:30— Bangun tidur, minum air
7:00— Makan havermut(oatmeal) dengan dicampur biji rami, minum kopi dengan susu   almond
8:30 — Minum air
10:00 — makan apel, minum air
Dengan melakukan pengaturan dan disiplin seperti itu anda akan melawati hari – hari dengan teratur, dijalur yang tepat, dan anda akan melihat semua yang anda catat telah anda lakukan dapat anda selesaikan dengan baik .

Berhenti Selama 5 menit
Satu elemen penting untuk menurunkan berat badan adalah mengecek makanan apa yang masuk ke mulut anda. “kita adalah manusia yang memiliki emosi,” ujar Freston. “jika kita tidak dapat menahan dan terus mengkonsumsi makanan, maka tujuan kita tidak berhasil.” Freston merekomendasi untuk berhenti selama 5 menit perhari, menutup mata anda dan meninjau kembali mental serta keadaan fisik anda. Jika nanti ada piring makan di meja anda, anda cenderung bisa menahan diri anda untuk makan berlebihan untuk memenuhi hasrat anda, dikarenakan anda telah mengambil momen untuk melihat apa yang anda rasakan dan kenapa.

No comments:

Post a Comment