Saturday, June 23, 2012

Sebelum Sarapan Pagi Dengan Sandwich, Bacalah Dulu Ini.


Sebelum Sarapan Pagi Dengan Sandwich, Bacalah Dulu Ini.


Ambil contoh telur. Mudah, lezat, dan sangat mudah disiapkan .
Dan jika anda membaca dengan teliti daftar nutrisi dari restoran favorit cepat saji yang berasal dari Amerika, cukup berbeda dengan sajian info nutrisi telur yang dipaparkan .
Akan kita telusuri daftar isi nutrisi dari 6 restoran cepat saji  yang terkenal di Amerika yang menyediakan sarapan pagi, antara lain : McDonald’s, Burger King, Chik-fil-A, Subway, Dunkin’ Donuts, dan Hardee’s. Penulis disini ingin mengetahui kandungan apa yang ada di telurnya ?
Saya menemukan beberapa bahan dan satu kejutan besar (setidaknya hal itu mengejutkan saya). Saya sangat berharap kalau McDonald atau Burger King akan mendapatkan pengharggan untuk bahan mereka yang tidak dikenal/diketahui, namun dari keduanya membuat tindakan curang akan bahan telur terhadap restoran cepat saji lainnya seperti Subway. McDonald mendaptkan penghargaan kedua, namun anda akan melihat slogan “Eat Fresh” yang mana slogan tersebut membuat heran.
Gambaran lain dari salah satu restoran cepat saji seperti Hardee’s Burger King dan Dunkin Donuts, semua menyatakan daftar bahan nutrisi mereka adalah tepat secara keseluruhan.  Sebagian besar, mereka melakukan dengan cara yang menyenangkan. Seperti  Chik-fil-A dengan sekumpulan bahan – bahan nutrisi .
Ynag menarik disini adalah perbbandingan diantara sekumpulan daftar nutrisi mereka. Sebagai contoh Hardee’s menjual telur ke konsumennya hanya dengan tambahan 1 jenis zat pengawet, sementara Subway menjual ramuan/masakan yang mengandung telur dan telur campuran yang mengandung setidaknya 10 zat pengawet yang tidak akan ditemukan di daftar nutirsi restoran cepat saji lainnya .
Saya tekankan informasi disini telah dimuat oleh perusahaan dan untuk diketahui oleh khalayak; cukup mengikuti tautan yang tersedia (anda tidak akan menemukan suatu resep rahasia). Penjelasan bahan – bahan tersebut di bawah telah ditambahakan dan tidak termasuk daftar nutrisi yang telah dimuat .

1. Subway
Telur dadar (biasa): telur utuh, telur putih, air, susu kering tanpa lemak, telur campuran (produk kacang, garam, asam sitrun, dextrosa, guar gum, xanthan gum, ekstrak rempah – rempah , propilen glikol dan tidak lebih dari 2% kalsium and not more than 2% calcium silikat dan gliserin untuk mencegah lengket, minyak kedelai, alternatif mentega  (cair dan terhidrogenasi minyak kedelai, garam, lesitin kedelai, rasa alami dan buatan, beta karoten (warna), TBHQ dan  asam sitrat ditambahkan untuk melindungi rasa, dimetil (unsur antifoaming yang  ditambahkan), garam, beta-karoten (warna).

Produk kacang terisolasi adalah aditif protein sering digunakan sebagai pengganti protein hewani.
Permen Guar adalah bahan/unsur penebal.
Xanthan Gum digunakan untuk mencegah pemisahan minyak.
Gliserin adalah pelarut yang ditemukan dalam sabun, pelembab dan beberapa merek krim cukur.
TBHQ (tertiary butylhydroquinone) digunakan untuk menjaga minyak nabati terhadap oksidasi, dan juga dapat ditemukan di pernis, lak, dan parfum.
Dimetilpolisiloksan adalah jenis silikon yang digunakan untuk mencegah minyak goreng dari berbusa setelah penggunaan berulang. Ini juga ditemukan dalam Silly Putty dan banyak jenis pelumas lainnya .
Kalsium silikat digunakan untuk mencegah penggumpalan dan juga merupakan antasida yang populer sering digunakan. Selain itu, bahan ini digunakan sebagai segel yang digunakan di jalan, atap dan beton. 


Pasteurisasi telur utuh dengan natrium fosfat (pengawet), asam sitrat dan monosodium fosfat (ditambahkan untuk menjaga warna), Nisin (zat pengawet). Disiapkan dengan margarin cair: minyak kedelai cair dan minyak terhidrogenasi biji kapas dan kedelai, air, minyak terhidrogenasi parsial kedelai, garam, lesitin kedelai, mono-dan digliserida, sodium benzoate dan kalium sorbat (pengawet), rasa buatan, asam sitrat, vitamin A palmitat , beta karoten (warna)

Beberapa kesimpulan terhadap bahan – bahan tersebut:
Mono dan digliserida digunakan untuk bercampur bersama-sama zat yang akan tidak tercampur dengan baik (minyak dan air, misalnya).
Kalium sorbat merupakan pengawet yang menghambat pertumbuhan jamur dan ragi. Ini juga digunakan dalam produk perawatan pribadi sebagai pengganti bahan kimia kontroversial, paraben.
Minyak biji kapas, ketika dihidrogenasi penuh, adalah lemak jenuh 94%.

telur utuh, asam sitrat, minyak mentega (minyak kedelai, minyak sawit kernel, lesitin kedelai, rasa alami dan buatan, TBHQ dan asam sitrat ditambahkan sebagai pengawet, dan pewarna buatan).

Beberapa kesimpulan terhadap bahan – bahan tersebut:
Minyak inti sawit sekitar 50% lemak jenuh.
TBHQ (Butylhydroquinone tersier) telah dijelaskan pada bagian Subway di atas. 

Telur utuh, susu, minyak kedelai, air, pati makanan yang dimodifikasi, garam, xanthan gum, lada putih, asam sitrat . 


Telur utuh, susu skim (air, susu kering tanpa lemak) minyak sayur (kedelai dan / atau minyak jagung), garam, xanthan gum, rasa telur alam, rasa mentega alami.


Telur utuh, asam sitrat, 0,15% air ditambahkan sebagai pembawa untuk asam sitrat (asam sitrat ditambahkan untuk menjaga warna). 

No comments:

Post a Comment