Sunday, May 20, 2012

10 Makanan Terbaik Dan Tersehat


10 Makanan Terbaik Dan Tersehat
Saat kita duduk untuk makan siang, terkadang kita bertanya – tanya, mau makan apa? Apakah yang jenis tersehat, paling bernutrisi yang sesuai untuk perut dan pinggang?For  David Grotto, seorang ahli diet terkemuka  serta penulis dari buku The Best Things You Can Eat,  diharapkan dapat menjawab pertanyaan kita secara lebih lugas.
Menggunakan data dari  USDA National Nutrient Database for Standard Reference (data sumber informasi untuk standar referensi nasional Amerika Serikat), dia mengungkapkan 10 makanan yang terbaik menurut kuantitas dan jumlah mikronutrien (Vitamin dan Mineral) dan makronutrien (Lemak dan Protein). Serta rekomendasi akan rendah kalori per penyajian dan mungkin informasi tersebut akan membuat anda ‘kaget’.

1. Kacang – kacangan

Grotto memberitahu bahwa semua kacang kering, termasuk kacang – kacangan, memiliki kandungan nutrisi yang sangat padat dan diantaranya yang paling banyak adalah kacang merah. Semuanya penuh vitamin dan mineral, bagus untuk hati, tulang dan fungsi organ, dan dapat mengenyangkan perut dengan kalori yang rendah.
Kalori: 200 per cup
Nutrisi: Kaya akan folate, vitamin B1 atau thiamine, magnesium, molybdenum,  serat yang mudah larut, zat besi dan potassium.

2. Yogurt
tanpa gula, yogurt rendah lemak, probiotik yang sehat, mengandung vitamin dan mineral. Asam pantonthenic membantu metabolisme energi dan khususnya kandungan iodine  sangat baik untuk mencegah gondok. Grotto menambahkan  yogurt Yunani (Greek Yogurt) juga merupakan sumber protein.
Kalori: 140 per cup
Nutrisi: kaya akan pantothenic , vitamin B2 atau riboflavin, calcium, phosphorous, potassium and iodine.

3. Hati Sapi
Hal ini memang mengejutkan, kata Grotto. “Hati sapi adalah sumber nutrisi yang sangat kaya.” Karena kaya akan zat besi, terutama buat perempuan yang sedang datang bulan. Juga mengandung choline untuk daya ingat dan chromium untuk melancarkan gula darah. Rendah lemak namun berkolesterol, jadi Grotto merekomendasikan makan beberapa kali dalam seminggu bukan setiap hari.
Kalori: 137 per 3 ons
Nutrisi: kaya akan zat besi, vitamin A, biotin, choline, vitamin B12, vitamin B3 atau niacin, vitamin B6, chromium, copper dan phosphorus.

4. Salmon
Enak rasanya dan rendah kalori, salmon memiliki asam lemak omega 3 untuk fungsi otak dan pertumbuhan. Kaya akan niacin yang berguna untuk menurunkan kolesterol.
Kalori: 157 per 3 ons
Nutrisi: Kaya biotin, vitamin B12, vitamin B3 atau niacin, vitamin B6, vitamin D, potassium, omega-3 fatty acids (asam lemak) dan choline.

5. Jamur
Meliputi beberapa jenis termasuk tiram, jamur kancing, jamur shiitake dan jamur Portobello dan luar biasanya semuanya rendah kalori namun kaya nutrisi. Padat akan vitamin B2 yang berarti dapat membantu metabolisme lemak, karbohidrat dan protein.
Kalori: 15 per cup
Nutrisi: Kaya biotin, vitamin B2, copper, chromium dan pantothenic acid.

6. Lobster
Enak, Lezat dan mantap makanan satu ini, namun tidak dianjurkan setiap hari. Lobster adalah sumber terbaik selenium dan zinc, namun juga mengandung banyak secara alami. Dianjurkan makan 2 – 3 minggu sekali.  
Kalori: 65 per 3 ons
Nutrisi: kaya pantothenic acid, copper, selenium dan zinc.

7. Kacang Kedelai
Kacang kedelai kaya akan kandungan serat yang menyehatkan dan menduduki ranking tertinggi dalam kandungan sumber nutrisi yang berbeda, termasuk dalam jenis serat yang mudah larut dan tidak mudah larut/dipecahkan, yang mana dapat membantu pencernaan dan merendahakan gula darah dan kolesterol. Disarankan untuk mengkonsumsi setengah cup saja dari penyajian jumlah porsi besar (ukuran 1 cup).
Kalori: 150 per setangah cup
Nutrisi: Kaya vitamin B1, vitamin B2, iron, magnesium, phosphorus, serat mudah larut dan tak mudah larut, omega-3 fatty acids (asam lemak), Lemak tak jenuh ganda dan protein.

8. Tiram
Baik untuk yang membutuhkan vitamin B12 dan yang pola makan sedikit, tiram membantu mendorong proses seperti susunan sel darah merah, fungsi  neurologsi dan susunan perpaduan DNA.
Kalori: 85 per 3 ons
Nutrisi: Kaya akan vitamin B12, copper, iron, selenium dan zinc.

9. Bayam
Bayam adalah penakluk kalori yang hebat. Vitamin K yang terkandung di dalamnya baik untuk pembekuan darah yang dibutuhkan bagi orang sehat dan zat manganese nya mendukung kesehatan tulang, kekuatan otot (seperti Popeye), kesuburan dan produksi insulin .
Kalori: 14 per dua cup
Nutrisi: Kaya akan folate, vitamin D, vitamin K, calcium, iron, magnesium dan manganese.

10. Daging Babi
Daging babi menyokong  vitamin B yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan kulit, rambut, mata dan hati, serta susunan saraf. Disarankan makan dengan irisan – irisan kecil bagian tengahnya.
Kalori: 196 per 3 ons
Nutrisi: Kaya akan biotin, choline, vitamin B3 atau niacin, vitamin B6, vitamin B1 dan zinc.

No comments:

Post a Comment