Wednesday, May 2, 2012

Alasan Percaya Kondom

Alasan Percaya Kondom.

KONDOM adalah metode kontrasepsi yang telah terbukti dapat mengurangi esiko penularan lnfeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV. Namun ada persepsi yang salah bahwa kondom lateks memiliki pori-pori yang dapat dilalui oleh HIV. Padahal kondom yang mengandung lubang-Iubang yang bisa dilalui HIV adalah kondom yang terbuat dari bahan alami seperti usus domba.Tetapi kondom tersebut sudah jarang diproduksi. Sedangkan kondom late-ks yang Iazim ditemukan di pasaran adalah kondom yang sudah cukup kuat menahan mikro-organisme termasuk sperma dan HIV.
Penelitian laboratorium seperti dilansir The Latex Condom, Recent Advances, Futures Directions Family Health International tahun1998 rnembuktikan bahwa kondom lateks sangat efektif dalam pence-gahan penularan penyakit menular seksual termasuk HIV. Hal itu dikarenakan lubang pori-pori pada kondom late-ks terlalu kecil untuk dapat dilalui oleh virus ini. Kondom lateks terbukti efektif untuk mencegah virus dan kuman penyebab herpes simplex, cytomegalovirus (CMV), hepatitis B, chlamydia, gonorrhea serta HIV.

Menurut Koordinator Pelayanan Medis Perkurnpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DKI Jakarta, Dr. Bondan Widjajanto. kasus bocornya kondom dikarenakan kesalahan penggunaan. Seperti memakai kondom kadaluwarsa, tidak menyimpan dengan baik seperti terkena panas matahari. Kandom yang disimpan kantong dan dompet juga tidak pas. Kesalahan lain terletak saat mengeluarkan dari kemasan,serta saat memasang dan mengeluarkan atau mencopotnya. Sebaliknya jika digunakan secara benar dan konsisten,
kondom berperan panting dalam kesehatan masyarakat, khususnya pada pencegahan IMS, termasuk HIV dan Hepatitis B.
Melindungi.
Peran kondom sebagai alat pencegah infeksi HIV sangatlah penting. Juga berg una bagi mereka yang positif AIDS atau terinfeksi HIV. Sementara itu, bagi masyarakat luas, kondom sebagai alat kontrasepsi dinilai lebih sehat karena minim akan efek samping. Dengan harga terjangkau,kond0m melindungi dari |MS,diajuga tidak mempengaruhi hormon, serta minim menimbulkan alergi. ltulah kelebihan kondom.
Sekretaris KPA Provinsi DKI Jakarta, Dra.Hj. Rohana Manggala M.Si mengatakan penggunaan kondom yang saat ini gencar dilakukan baik oleh KPA Nasional, KPA Provinsi, KPA Kotamadya, Lembaga Swadaya Masyarakat serta para pemangku kepentingan peduli AIDS adalah himbauan utama untuk pence-gahan penularan penyakit seksual semata, bukan iklan ataupun sponsor. Hal tersebut lebih kepada kegiatan menjaga masyarakat agar mereka lebih berhati-hati kepada dirinya dalam perilaku berkehidupan di masyarakat.

10 Fakta Kondom:

  1. Kondom efektif untuk mencegah kehamilan jika digunakan dengan benar dan konsisten. 
  2. 2 Kondom efektif untuk mencegah penularan IMS, terrnasuk HIV dan hepatitis B, jika digunakan dengan benar dan konsisten.
  3. Kondom lateks dibuat sedemikian rupa sehingga tidak dapat ditembus virus maupun sperma.
  4. Kebanyakan kondom tidak dapat robek oleh pemakaian yang benar. Jadi perlu sekali penyimpanan yang baik agar tak terjadi kerusakan. 
  5. 5 Pengujian mutu kondom pada waktu diproduksi sangat ketat persyaratannya. 
  6. Pengguna kondom dapat mengubah rasa atau mengurangi ketidaknikmatan dengan menggunakan pelumas pelicin yang baik (yang berdasar air, bukan minyak). 
  7. Kondom dalam kemasan foil yang dipajang pada rak penjualan akan tahan sampai lima tahun.
  8. Jarninan pengontrolan kualitas pada saat produksi dan sesudahnya membantu kepastian bahwa produk itu layak dipasarkan.
  9. Meskipun ketentuan standar tes tentang batas kadaluarsa penggunaan kondom belum dibakukan namun berbagai uji coba memperlihatkan bahwa kondom di pasaran cukup berkualitas tahan lama. 
  10. Beragam zat sintetis yang sedang dicobakan untuk menggantikan lateks (misalnya plastik) memberikan harapan bahwa penggunaan kondom akan meningkat dan diterima khalayak ramai.

No comments:

Post a Comment