Saturday, May 5, 2012

Akalin Otak Anda Saat Makan Siang Dan Bersiaplah Turunnya Berat Badan

Akalin Otak Anda Saat Makan Siang Dan Bersiaplah Turunnya Berat Badan.
Terpikirkah bahwa anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah hanya dengan penganan ringan seperti sup dan kue kering (cracker) saat santapan siang beberapa kali dalam 1 minggu?
suatu penelitian dari ilmuwan
Cornel University menyarankan tindakan tersebut, namun nampaknya bagi kita rasanya tidak jelas hal tersebut.  
Penelitian tersebut memantau asupan makanan bagi 17 relawan yang boleh makan sepuas yang mereka inginkan saat makan siang selama 1 minggu. Untuk 2 minggu berikutnya, separuh kelompok/relawan tersebut diminta untuk mengubah pola makanan dengan jenis makanan yang disediakan serta dikontrol porsi makannya (antara lain: sup kalengan, chili, pasta dsb), namun mereka juga diizinkan untuk makan makanan lain serta cemilan lain sebanyak yang mereka mau.  Pada akhir 2 minggu tersebut separuh grup/relawan berikutnya mengikuti pola makan yang sama seperti kelompok/relawan yang pertama.

Hasil menunjukkan: setiap relawan yang menggunakan pola makan porsi yang dikontrol, kurang dari 250 kalori per hari mengalami penurunan berat badan sebanyak rata – rata 0.5kg.
Alasannya sederhana yaitu para relawan makan siang dengan porsi yang kalorinya rendah. Namun hal tersebut bukanlah kenyataan pasti/jelas.  Namun sebetulnya, alasannya adalah porsi makan yang dijatah tidak membuat para relawan menambah lebih banyak porsi makanan pada saat hari terakhir dari program diet tersebut. Sebuah hasil yang berkebalikan dengan cara pemikiran konvensional mengenai diet .
Mengapa para ilmuwan menyarankan hal tersebut (seperti yang diuraikan di paragraf pertama), otak kita tidak memiliki suatu mekanismei yang efektif untuk memperhatikan asupan porsi kecil yang masuk ke perut.  Melakukan pengurangan kecil porsi makanan tidak akan memicu orang untuk “rakus” makan nantinya dan malah menghasilkan penurunan berat badan. Selama setahun para relawan yang mengikuti program ini setidaknya berhasil menurunkan berat badan sebanyak 11.40 kg.
Penelitian kecil ini tidak akan merugikan para relawan untuk menjalankan program ini dengan hasil – hasil yang didapat dalam penelitian ini, namun hasil yang didapat sangat menjanjikan, sebagai catatan, makanan dengan porsi yang diatur tidak memerlukan makanan yang mahal atau minuman yang dapat membuat perut anda kram atau sembelit.      

No comments:

Post a Comment