Sunday, May 6, 2012

BEGONIA, Daun dan Bunga Sama Cantiknya

BEGONIA, Daun dan Bunga Sama Cantiknya.
Begonia (Begoniaceae) adalah tanaman perdu yang mudah ditanam. Sosoknya cantik dengan warna. Seseka|i begonia juga menghasilkan bunga yang mekar bergerombol di ujung batang. Anda ingin menanam sendiri di rumah? Perhatikan media tanam dan perawatannya agar begonia tumbuh subur dan rajin berbunga.

BEGONIA digemari karena banyak sekali memiliki varian warna daun dan bunga. Lebih dari 1500jenis begonia ada di permukaan bumi dan sebagian besar tumbuh subur di Indonesia. Begonia juga tidak manja dalam perawatan. Selain sebagai tanaman outdoor, begonia juga cantik ditanam dalam pot sebagai tanaman indoor.

Ragam Corak Daun.
Dari sekian jenis tanaman hias, sepertinya begonia yang memiliki keragaman corak daun paling banyak. Warnanya sangat beragam, mulai dari hijau, merah,.kining,perak, ungu hingga campuran beragam warna. Motif pada daun membuat penampilan begonia atraktif dan tidak membosankan untuk dipandang. Bentuk daunnya pun unik, ada yang oval, berbentuk hati, menyerupai sayap kupu-kupu hingga keriting dan berkerut. Tekstur daun juga berbeda di setiap jenisnya. Jika diraba, permukaan daun ada yang halus, licin, mengkilat, berbulu halus dan bergelombang.
Selain kecantikan daunnya, bunga dari tanaman be-gonia juga memberikan magnet lain dari tanaman ini.Pada umumnya begonia berbunga majemuk (Inflorescentia). Bunganya mekar terus menerus mulai dari bagian bawah ke atas. Tipe bunganya juga unik, ada yang berkelamin tunggal dan ada pula jenis berkelamin ganda. Kelopak bunga begonia terusun bergerombol mulai berkelopak tunggal hingga bertumpuk, muncul di ujung batang atau ketiakdaun. Soal warna,beg0nia memang juaranya, ragam warna bunga begonia sangat kaya. Mulai dari putih polos, pink, kuning dan merah tua.

Jika pernyerbukan sukses dan terjadi pembuahan, bunga begonia akan tumbuh menjadi buah yan menghasilkan banyak biji. Biji buah begonia dapat disemaikan menjadi tanaman baru. Biji buah begonia sangat halus, biasanya berwarna kehitaman. Jumlahnya sangat banyak, hingga mencapa ratusan dalam satu buah. Namun sayang, biji begonia memiliki tingkat kegagalan yang tinggi jika tidak disemaikan secara benar.

                                                          

Menyukai Tempat Teduh.
Bagi anda yang ingin menanam dan memperbanyak begonia, bunga ini dapat diperbanyak dengan memisahkan anakan, stek batang atau menyemaikan biji. Media yang cocok untuk begonia adalah tanah berhumus yang dicampur dengan kompos dan pasir halus.
Tanam di tempat yang teduh dan ternaungi,me|etakkan begonia lokasi panas dan terus-terusan terkena matahari akan membuat daun tanaman mengecil dan kekuningan. Batang dan daun tanaman ini banyak mengandung air, kondisi ini membuat tanaman akan cepat busuk jika media tanam tergenang air akibat kelebihan air siraman.
Pemangkasan daun tua serta kebersihan sekitar media tanaman sebaiknya rutin dilakukan.Tujuannya untuk menjaga tanaman tetap bersih dan tampil prima. Jika anda me-nanam begonia di dalam pot, Iakukan penggantian media secara berkala dan memberikan pupuk dengan rutin agar begonia tumbuh dengan subur.
     
                                                            

3 comments: