Wednesday, February 27, 2013

MENCAPAI BERAT BADAN IDEAL


Mencapai Berat Badan Ideal

1. Jangan Makan Terlalu Banyak.
Organisasi kesehatan dunia melaporkan, peningkatan  yang membahayakan jumlah orang yang kegemukan dan menderita obesitas, sering kali akibat makan berlebihan. Di beberapa bagian di afrika lebih banyak anak yang kegemukan daripada yang kekurangan gizi. Anak-anak yang kegemukan berisiko mengalami problem kesehatan sekarang maupun di masa depan, termasuk diabetes, diharapkan orang tua bisa menjadi teladan bagi anaknya dengan  membatasi porsi makanannya.

2. Konsumsi Hasil Pertanian.
Hidangan yang seimbang terfiri dari lebih banyak buah, sayur, dan biji-bijian di banding daging dan pati(ikan bisa sebagai pengganti daging). Kurangi makanan olahan seperti pasta, roti putih, dan nasi putih, yang kandungan gizinya sebagian besar sudah hilang. Orang tua bisa menjaga kesehatan anak-anaknya dengan membantu mengembangkan selera makanan untuk makanan sehat. Beri mereka kacangan-kacangan, buah serta sayuran segar.

3. Minum Banyak Air.
Setiap hari, kita membutuhkan banak air untuk membantu pencernaan, membuang racun dari tubuh, membuat kulit sehat, dan mengurangi berat badan; agar kita selalu bugar. Hindari mengomsumsi minuman beralkohol dan yang dimaniskan(sebotol minuman soda setiap hari menambah berat badan 6,8 kilogram dalam setahun). 
Di beberapa Negara air bersih sulit sekali didapat dan harganya pun mahal. Namun minum air mutlak di perlukan. Konon, lebih banyak orang meninggal karena air kotod dibandingkan karena perang atau bencana alam. Organisasi kesehatan dunia merekomendasikan agar bayi hanya diberi ASI selama 6 bulan pertama dan makanan lain di samping ASI, sekurang-kurangnya sampai usia 2 tahun.

PERHATIKAN KEBUTUHAN DASAR TUBUH
Tidak pernah ada orang yang membenci tubuhnya sendiri, sebaliknya ia kan mengasuh dan merawatnya.

1. Langkah dasar.
- Mengambil langkah-langkah dasar untuk mengurus diri agar kira jauh lebih sehat.

2. Cukup Tidur.
- Lebih baik segenggam ketenangan dari pada 2 genggam kerja keras dan perjuangan mengejar angin. Tuntutan dan berbagai kegiatan dalam kehidupan modern telah banyak menyita waktu tidur. Namun, tidur mutlak perlu untuk keshatan yang baik. Penelitian memperlihatkan bahwa selama tidur, tubuh dan otak memperbaiki diri yang bermanfaat untuk daya ingat dan suasana hati.
- Tidur memperkuat system kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terkena infeksi, diabetes, stroke, penyakit jantung, kanker, obesitas, depresi, dan mungkin penyakit Alzheimer. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam agar bisa beraktivitas seprima mungkin. Terlebih lagi jika kita sedang sakit.

3. Jaga Kesehatan Gigi
- Menyikat gigi, khususnya sebelum tidur, akan mencegah terjadinya pembusukan gigi, penyakit gusi, dan lainnya. Tanpa gigi, kita tidak bisa mendapatkan manfaat maksimal dari makanan yang kita santap. Menurut laporan, gajah tidak mati karena usia tua tetapi perlahan-lahan mati kelaparan setelah giginya keropos dan tidak bisa lagi mengunyah. Anak-anak yang diajar menyikat gigi dan menggunakan benang gigi setelah makan akan lebih sehat semasa muda dan seumur hidup.

4. Periksa ke Dokter
- Ada beberapa penyakit yang perlu mendapat perhatian medis secara professional. Dalam masalah biaya, biasanya diagnosis awal lebih menguntungkan. Jadi jika kita merasa kurang sehat. Segera periksakan ke dokter untuk menyingkirkan penyebabnya disbanding hanya sekadar meredakan gejalanya.

No comments:

Post a Comment