Wednesday, April 18, 2012

Duh, Jemari Anakku Tidak Sempurna

Duh, Jemari Anakku Tidak Sempurna.
Jangan lupa mengonsumsi asupan nutrisi yang bergizi ketika saat hamil muda.Asupan nutrisi yang kurang bisa menyebabkan anak mengalami kelainan pada tubuhnya, begitu juga dengan jari jemarinya, seperti polidaktili, sindaktili dan brakidaktili.

MENURUT Dr. Budiman Sp.BP dari Sub SMF Bedah Plastik, Departemen Bedah RSPAD Gatot Soebroto, polidaktili, sindaktili dan brakidaktili merupakan suatu kelainan bawaan yang didapat ketika masih dalam kandungan. Biasanya hal itu terjadi pada saat proses pertumbuhan atau pada trimester pertama.
Penyebab kelainan tersebut, dikatakan Dr. Budiman salah satunya akibat kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Pengkonsumsian obat - obatan tertentu yang bisa bisa menyebabkan kelainan ini, disamping juga bersifat genetik. Berikut beberapa kelainan jari pada anak.

Polidaktili.Apakah Anda pernah menemukan kasus anak berjari lebih dari lima? Anak yang memiliki jari lebih dari lima dinamakan polidaktili.
Polidaktili merupakan kelainan pertumbuhan jari sehingga jumlah jari pada tangan atau kaki lebih dari lima. Dr. Budiman memberitahukan, polidaktili berasal dari kata poli artinya banyak, dan daktili yang artinya jari. Kelainan yang terjadi pada polidaktili ini adalah adanya jari tambahan yang bentuknya bisa berupa kulit tamhahan yang berbentuk seperti jari dan ada juga yang memiliki struktur tulang seperti pada jari umumnya, meskipun terkadang jari tersebut tumbuh atau menempel pada jari Iain seperti jempol atau kelingking.

Sayangnya, penyebab pasti mengapa jari itu tumbuh berupa kulit tambahan atau memiliki struktur tulang belumlah diketahui. Namun polidaktili ini bisa dialami oleh keturunanjika memang orangtuanya mengalami polidaktili dan biasanya juga terjadi karena adanya gen tertentu yang biasanya muncul pada perkawinan yang masih ada hubungan famili.
                                               
                                                   Polidaktili (Jari tambahan pada jempol)

Jangan Kecil Hati.
Melihat kondisi anak yang sedikit berbeda dengan anak lain terkadang membuat orang tua sedih dan berkecil hati. Hal itu maklum saja karena umumnya sebagai orangtua, mereka inginkan anaknya tumbuh sempurna seperti anak yang lain. Lalu apa yang bisa dilakukan?
Sebagai dokter Dr. Budiman meminta orangtua agar jangan terlalu kuatir. Orangtua memang tidak perlu berkecil hati atau bahkan minder karena polidaktili masih bisa diatasi. Caranya dengan melakukan operasi pembuangan atau eksisi jari-jari yang berlebihan tersebut, terangnya. Dengan operasi tersebut, jari jemari anak bisa digunakan sebagaimana fungsinya dan menjadi normal seperti umumnya.
Untungnya lagi, operasi pada kasus polidaktili bukanlah operasi yang bersifat emergency. Artinya operasi bisa dilakukan kapan saja. Namun biasanya tindakan dilakukan saat bayi minimal berusia tiga bulan atau berat minimal 5 kg agar bayi aman untuk dilakukan pembiusan. Syarat lainnya bayi sedang tidak sakit dan tidak sedang terinfeksi.
Lebih rinci Iagi, Dr. Budiman menjelaskan bahwa pembedahan pada polidaktili tergantung pada berat dan ringan derajat kelainannya.
"Kalau yang terjadi hanya kulit yang berlebih tanpa ada tulangnya maka bisa langsung dilakukan pembuangan.” Sedangkan jika disertai dengan tumbuhnya tulang pada jari tambahannya itu, maka tulang pada jari tambahan tersebut akan dibuang, sedangkan ototjarinya akan disatukan kejari yang normal, karena biasanya otot jari pada jari tambahan itu merupakan otot yang dimiliki oleh jari normal.
                                              
                                                  Polidaktili Pada Jari kaki Yang Paling Berat


Dapatkah Dicegah?

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan rnemperhatikan masalah asupan nutrisi. lbu hamil sudah sebaiknya mendapat makanan yang bergizi pada saat trimester pertama kehamilan, dimana pada saat itu terjadi proses pertumbuhan organ-organ tubuh pada janin. Namun sayangnya pada masa tersebut banyak ibu hamil yang mengalami mual muntah, sehingga ada keengganan untuk mengonsumsi makanan yang cukup. Pencegahan lain yang bisa dilakukan ibu hamil adalah dengan menghindari konsumsi obat-obatan
yang bisa membahayakan janin pada kandungannya.

Sindaktili.
Selain polidaktili, kelainan bawaan sejak lahir lainnya adaiah sindaktili, yaitu kelainan jari berupa pelekatan dua jari atau lebih sehingga telapak tangan menjadi berbentuk seperti kaki bebek atau angsa.
Jelasnya Dr. Budiman menjelaskan bahwa bentuk sindaktili ada yang pelekatannya bisa dua atau bahkan tiga jari dalam satu telapak tangan.
"Efek yang dapat ditimbulkan dari gangguan jari ini pastinya akan memberikan efek yang tidak enak terhadap penampilan, namun yang lebih utama dari adanya kelainan ini adalah terganggunya fungsi jari itu sendiri,”terangnya.
Sindaktili dapat terjadi karena penggabungan dua atau tiga jari, misalnya jari kelingking,jari manis dan jari tengah atau jari kelingking dengan jari manis, lalu jari tengah dengan telunjuk. Agar jari jemari tersebut bisa berfungsi dengan baik, maka dilakukanlah penanganan untuk memisahkan jari-jari tersebut.

Dr. Budiman memberitahukan, apabila jari yang menempel lebih dari dua misalnya tigajari menernpel, rnaka proses operasi pemisahannya harus dua tahap karena jika dipisahkan sekaligus maka jari yang di tengah bisa terganggu peredaran darahnya.
Operasi pada kelainan jari sindaktili ini tidak bisa secepat pada tindakan operasi polidaktili. Pada kelainan sindaktili, kondisi tangan anak tersebut sudah cukup membesar agar operasi mudah diiakukan. Operasi pada sindaktili ini awalnya dilakukan dengan rnengupayakan agar kulit bisa menutupi bagian jari yang dipisahkan. Cara untuk menutupi bagian jari Iainnya yaitu dengan menggunakan Z plasty yaitu suatu flap kulit (segmen kuiit) yang berbentuk huruf dan apabila masih kurang dapat ditutup dengan cangkok kulit dari bagian tubuh lainnva.















Brakidaktili
.
Brakidaktili atau yang biasa disebut club thumb atau short digits menurut Dr. Budiman adalah kelainan jari tangan yang kasusnya lebih berat dibandingkan polidaktili dan sindaktili. Dimana jari-jari tangan pada brakidaktili itu seakan-akan memendek. Kadang menyatu seperti membentuk kepalan dan terkadang dalam kepalan tersebut tidak semua jari memiliki tulang.Brakidaktili tidak pernah berdiri sendiri, namun sering disertai dengan kelainan lainnya yaitu disertai sindaktili, polidaktili, dan kelainan pertumbuhan tulang lainnya.

Tujuan utama dalam penanganan kasus kelainan jari brakidaktiii ini adalah bagaimana caranya jari jernari penderita brakidaktili tersebut bisa berfungsi. Bilajari berbentuk kepalan, maka akan dipisahkan menjadi dua bagian. Dimana paling tidak ada unsur jempol dan jari yang lainnya. Bahkanjika memang mernungkinkan maka kepalan tersebut bisa dibagi menjadi tiga bagian. Dimana ada unsur jempol dan empat jari yang dibagi menjadi dua bagian.
Dr. Budiman menjelaskan, sebelum dilakukan pemisahan jari, terlebih dahulu jari tangan di rontgen untuk mengetahuitulangjari yang ada dan yang akan dipisahkan. Pemisahan jari ini dilakukan dalam beberapa tahap dengan jeda waktu 3-4 bulan atau 4-6 bulan. Biasanya pemisahan jari dilakukan dari bagian tengah terlebih dahulu, setelah itu dilakukan pemisahan lainnya. Setelah proses pemisahan jari maka dibutuhkanlah kulit lain yang mirip dengan kulit jari tersebut baik struktur maupun warnanya untuk menutupi jari-jari yang sudah dipisahkan.Biasanya kulit tersebut diambil dari telapak kaki.
Proses pembedahan atau operasi polidaktili, sindaktili dan brakidaktili bagi anak-anak bisa diiakukan pada usia berapa saja, namun yang terpenting adalah adanya tulang, otot dan tendonnya. Dr.Budiman menyarankan sebaiknya pembedahan dilakukan sebelum anak masuk sekolah. Karena ejekan teman di sekolah akan menarnbah beban psikologis anak tersebut.

20 comments:

  1. Kalau seorang laki-laki penderita Brakidaktili menikah dengan wanita normal, apakah anak-anaknya juga akan Brakidaktili? berapa persen kemungkinannya? terima kasih... Mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir mencapai 98% akan di turunkan.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir 98% akan di turunkan ke anak-anak berikutnya.

      Delete
  3. Jika ingin melakukan operasi..dimanakah tempat prakter dokter?mohon info

    ReplyDelete
  4. dok lau jari putus satu ruas bisa doperasi g?lau bisa biayanya kira2 berapa?terima kasih sebelumya

    ReplyDelete
  5. Dok mau nanya biaya buat operasi berapa??
    Pada anak polidaktili

    ReplyDelete
  6. Dok, mau tanya, jari kaki sebelah kiri anak saya ada 6 semua jarinya bergerak normal, apakah itu dapat mengangu kesehatan anak saya dan apakah perlu tindakan medis??

    ReplyDelete
  7. dokter usia saya sudah 21 tahun, jari saya lengket saya tidak bisa memakai cincin, mohon kasih saran untuk saya. terimakasih. fitri

    ReplyDelete
  8. Dok., kalo jari pentumbuhanya tidak maksimal.. sehingga jemari hanya berbentuk seperti tunas.. apakah bisa di obati atau di bikin normal,,? mohon feedbacknya terimakasih

    ReplyDelete
  9. dok jari manis kaki lebih besar dan besarnya melebihi ukuran normal,kalau mau dioperasi agar sepadan dengan jari lainnya dan tidak tumbuh terlalu cepat kira2 habis berapa ya dok biayanya?

    ReplyDelete
  10. dok, jari telunjuk dan jari tengah anak saya kelainan sindaktili, skrg usianya 3 th, apakah bisa dilakukan operasi ya, terus untuk supaya panjangnya bisa normal bisa diterapi dg cara apa ya.. tq

    ReplyDelete
  11. dok, jari jempol kanan saya pada pertengahan bercabang jadi 2 dan jari extra itu tidak berkembang. saya ingin mengoperasinya. saya umur 21, apakah masih bisa dioperasi? apakah itu termasuk operasi besar dok ? dan berapa kisaran biaya yang dibutuhkan dok.

    Thanks

    ReplyDelete
  12. Dok jari kelingking kaki adik saya sebelah kiri menempel dengan jari manisnya. Apakah bisa di lakukan operasi? Adik saya berusia 17 tahun. Mohon infonya dok.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Dok jari kelingking kaki adik saya sebelah kiri menempel dengan jari manisnya. Apakah bisa di lakukan operasi? Adik saya berusia 17 tahun. Mohon infonya dok.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. yang paling saya takutkan adalah apabila keadaan ini turun ke anak. Karena saya tahu rasanya bagaimana menjadi bahan ejekan orang lain..

    ReplyDelete
  15. Dok kalau jari kaki manis lebih pendek dr jari kelingkingnya bagaimana dok? Apa bisa dioperasi agar lebih panjang dok? Berapa kira" biayanya?

    ReplyDelete
  16. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

    ReplyDelete
  17. Dok mau nanya kalau untuk umur 25, 26 apakah bisa jalani operasi dan untuk pembiayaan ya berp ua dok

    ReplyDelete
  18. Dok mau tanya...anak saya jari kaki sebelah kiri ada 6..apabisa di operasi dan apa syarat dan berapa biayanya..umur anak saya 7 tahun apa bisa

    ReplyDelete