Monday, April 30, 2012

Delima Datang Penyakit Menyingkir

Delima Datang Penyakit Menyingkir.
Sebelumnya delima kurang dilirik, seiring buah eksotik dengan isi kemerahan yang punya banyak biji ini menjadi buah yang populer. Apa saja kelebihan dari buah yang mendapat status sebagai supérfood ini?

DELIMA adalah salah satu buah selain kurma dan zaitun yang disebut dalam Al Quran sebagai tanaman yang bermanfaat. Buah yang di luar negeri dikenal dengan nama pomegranate - dari bahasa Latin pomum (apel) dan granatus (biji) yang berarti apel berbiji banyak - ini memang sarat khasiat sehat. Hampir semua bagian tanaman Delima berkhasiat untuk pengobatan mulai dari daging buah, biji, bunga, daun, kulit buah, kulit batang, hingga akar delima bisa diramu menjadi obat.
Di Indonesia, delima yang populer sebagai tanaman hias sering diolah sebagai campuran rujak, salad, dijus, atau dikonsumsi segar sebagai buah meja. Jus delima yang dibuat dari biji delima menjadi minuman yang populer di Eropa Timur dan India. Kini jus delima dalam kemasan juga mulai populer di Indonesia.
Delima memiliki bentuk yang bulat berdiarneter 5-12cm.Warna kulitnya beragam, dari hijau keunguamcokelat kemerahan, hingga ungu kehitaman. Kadang terdapat bercak-bercak yang agak menonjol dengan warna yang lebih tua. Buah mungil ini memiliki banyak biji. Bijinya kecil-kecil berbentuk bulat panjang yang bersegi—segi. Selain itu agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, garing dan dibalut daging buah berwarna merah yang memiliki rasa asam manis.
Delima berasal dari Eropa Tenggara dan Asia. Namun tanaman ini sekarang tersebar di daerah subtropik sampai tropik,dari dataran rendah sampai1.000m dpl.Sedangkan di Indonesia, buah Delirna tumbuh di semua propinsi. Saat ini dikenal ada tiga macam buah Delima, yaitu Delima Putih, Delima Merah dan Delima Hitarn. Satu buah Delima segar mengandung 105 kalori, 81% air, 26g karbohidrat, 1g protein, 399mg kalium, 12mg fos-~ for, 5mg kalsium, 5mg magnesium, 9mg vitamin C, 1mg vitamin E, 1 mg asam pantothenat, 0,2mg vitamin B6, 9micrg folat, dan 1g serat.

Antioksidan Super.
Menurut penelitian di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, maupun penelitian di Israel kekuatan antioksidan dalam delima efeknya tiga kali lebih kuat dibanding teh hijau dan anggur merah (red wine) yang sudah lebih dulu populer sebagai sumber antioksidan.
Kandungan tannin dalam delima tidak hanya aktif sebagai anti bakteri, tapi juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain tannin, delima juga banyak mengandung antioksidan kuat lainnya seperti antosianin.
Antosianin adalah pigmen warna merah tua yang mewarnai daging delima menjadi merah. Antosianin ini berkhasiat seba gai antioksidan yang bermanfaat untuk meiindungi tubuh dari se rangan radikal bebas yang dapat merusak berbagai organ dan akan menimbulkan berbagai penyakit. Tannin memberi rasa pahit dan sepat. Tannin pada delima disebut punicalagins yang be-rkhasiat astringen dan bermanfaat sebagai antidiare dan penghenti perdarahan.Tanninjuga berkhasiat sebagai antioksidan.Sedangkan jus Delima mengandung asam sitrat,asam malat dan gula buah seperti glukosa, fruktosa dan maltose.

Kandungan melimpah anti delima setiap hari dapat mencegah penebaian dinding arteri. Hal ini terjadi karena jus delima yang berkhasiat sebagai antioksidan dapat mengurangi hampir separuh LDL-kolesterol yang teroksidasi. Oksidasi akan mengubah LDL kolesterol menjadi molekul yang lebih kecil dan padat (small dense LDL) sehingga mempercepat timbulnya thrombus atau kerak di pembuluh darah arteri yang akan
menyumbat aliran darah.
Arnerican Journal of Cardiology juga mernpublikasikan bahwa 45 relawan yang menderita ischemik heart diseases (penyakit jantung koroner) dibagi menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kelornpok pertama mendapat 81/2 ons jus delima per hari, sementara kelompok kedua mendapat jus plasebo dengan kalori, warna, dan rasa yang sama. Pada akhir penelitian, aliran darah ke otot jantung orang-orang dalam grup penerima jus delima meningkat sebanyak 17%. Adapun pada kelornpok kedua terjadi penurunan sebesar 18%.Jelas terbukti bahwa keuntungan jus delima nyata dan tanpa efek samping.

Selain itu, daging delima atau daging pembungkus biji yang berwarna merah berkhasiat sebagai penyejuk, antioksidan dan peluruh buang angin. Daging buah delima yang kaya akan antioksidan dapat memerangi radikal bebas,sehingga dapat memperlambat proses penuaan, kulit keriput dan mencegah penyakit jantung koroner.
Biji delima juga punya manfaat tersendiri. Dengan jumlah bijinya yang banyak, ia memiliki sifat yang sejuk, tidak beracun, sehingga berkhasiat sebagai pereda demam, antitoksik, melumas paru dan juga meredakan batuk.

Khasiat Jus Delima.
Kini jus delima dalam kemasan mulai populer di Indonesia. Di balik kesegarannya,jus buah delima ini memiliki banyak khasiat. Dia sangat berguna untuk wanita yang ingin menurunkan berat badannya. Jus dclima juga bisa menurunkan tekanan darah pada hipertensi, memperlambat peningkatan kadar PSA (prostate specific antigen) pada penderita kanker prostat, mengatasi sariawan, tenggorokan sakit, suara parau, sering buang air kecil, rematik (artritis), diare kronik, disentri amuba, dan perut kembung.
Dalam pertemuan tahunan ke-20 American Association of Naturopathic Physicians, Risa Schulman, Ph.D., asisten professor di University of California, Los Angeles dalam presentasinya yang berjudul "Breakthrough Findings in Pomegranate Juice Research" menyatakan, jus delima secara signifikan meningkatkan kadar nitric oxide, molekul yang berperan pada endotel pembuluh darah yang rusak dan memperbaiki keadaan disfungsi ereksi.
Peneliti Schulman menyatakan bahwa jus delima bekerja sebagai ACE inhibitor alami yang menurunkan kadar ACE sampai 36% dan mereduksi tekanan darah sistolik. ACE inhibitor digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung kongestif.

Tips Mengonsumsi.
Untuk mendapatkan khasiat dari delima maka dapat dikonsumsi satu buah per harinya yang dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus terlebih dahulu. Saat ini buah delima juga sudah dijual berupa kesehatan atau daiarn kapsul dengan nama Pomegranate. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner dapat mengkonsurnsi jus buah Delima tanpa gula sebanyak 6 02 (+ 0,17 liter) per hari.
Di Amerika, jus delima dijual dalam botol dengan nama pomegranate juice. Sedangkan untuk pemakaian luar, jus delima digunakan sebagai obat kumur dalam mengatasi sariawan, radang gigi berlubang, infeksi tenggorokan, keputihan, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang. Jika Anda malas membuat jus delima sendiri,Anda bisa melirik jus delima siap minum dalam kemasan yang sudah mulai banyak beredar di pasaran.

No comments:

Post a Comment