Monday, April 23, 2012

Variasi Roti Lezat & Sehat

Variasi Roti Lezat & Sehat.
DENGAN menarnbahkan be-ragarn isi dan bahan di dalam r0ti,makanan ini menjadi lebih kaya nutrisi.Tim dapur uji Dokter Kita mengetengahkan tiga pilihan resep roti isi yang praktis, lezat dan bergizi.SeIamat Mencoba.
Roti Tawar Cokelat Isi Kismis
Bahan:
2 kg, tepung terigu gandum utuh
30 g, ragi instan/instan yeast
50 g cokelat bubuk
1 sdt pasta coklat
100 g mentega putih/margarin
100 g gula pasir
1250 ml air/air dingin
30 g susu bubuk
25 g garam halus
Olesan:
60 ml susu tawar cair
Isi: 60 g kismis 

Cara Membuat:
  1. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, ragi, gula pasir, susu bubuk dan garam, ke dalam mangkuk adonan/mangkuk mixer. Aduk rata.
  2. Tambahkan air/air dingin, pasta coklat dan mentega/margarin. Aduk dengan mixer roti kecepatan 2 selama 12 menit atau hingga adonan kalis dan elsatis. Mengaduk adonan bisa dilakukan manual dengan tangan hingga adonan kalis.
  3. Bulatkan adonan, fermentasikan adonan/diamkan adonan di tempat yang hangat dan tertutup rapat selama 30 menit (10-15 menit jika di fermentasikan di dalam lemari pengembang/proving cabinet).
  4. Kempeskan adonan, timbang masing - masing seberat 325 g untuk loyang ukuran 22 x 10 x 7 cm atau disesuaikan dengan besarnya cetakan roti tawar yang akan digunakan. Bulatkan kembali adonan dan fermentasikan lagi selama 15 menit. Olesi permukaannya dengan susu tawar cair.
  5. Giling adonan dan bentuk bulat panjang dengan cara digulung sambil dipadatkan. Letakkan di dalam loyang beroles margarin/mentega.
  6. Diamkan adonan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang. Panggang di dalam oven bertemperatur 190°C selama 30 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  7. Angkat roti dari oven, dinginkan.Atur di atas adonan kalis dan e|satis.Mengaduk adonan 7 piring saji. Hidangkan.
Untuk 9 loyang







Roti Burger Sehat.
Bahan:

2 kg tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra
25 g ragi instan
230 g gula pasir
160 g mentega/margarin
60 g susu bubuk
1200 ml air es
25 g gararn halus

Olesan:
60 ml susu tawar cair

Isi:

600 g daging burger siap beli, goreng dengan minyak
150 g bawang bornbay, potong membulat
2G0 g daun selada
1 50 g timun, 5 buah tomat, potong membulat
150 saus tomat 
150 mayonaise
100 ml saus sambal

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, ragi instan,gula pasir, susu bubuk dan garam halus. Aduk rata. masukkan adonan ke dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan kecepatan 2. Tambahkan mentega/margarin, aduk kembali selama 12 menit atau hingga adonan kalis. Pengadukan bisa dilakukan secara manual dengan tangan hingga adonan kalis.
  3. Potong dan timbang adonan masing - masing seberat 60 g. Bulatkan dan fermentasikan selama 10 menit.
  4. Kempeskan adonan dan giling. Bentuk menjadi bulat - bulatan. Atur di dalam loyang datar/loyang burger beroles margarin. Biarkan mengembang selama 15 menit, kempeskan dengan cara menekan permukaan bulatan adonan.
  5. Biarkan mengembang lagi selama 50 menit. Olesi permukaannya dengan susu tawar cair.
  6. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 220°C selama 20 menit atau hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  7. Potong salah satu sisi roti burger. Masukkan satu lembar daun selada, daging burger yang sudah digoreng dengan margarin, potongan timun, bawang bombay, tomat, mayonaise, saus tomat dan saus sambal.Tutup dengan belahan roti yang lain. Atur di atas piring saji. Hidangkan.
Untuk 60 buah.




Roti Isi Salad.
Bahan:
1700 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat/ cap cakra
300 g tepung terigu protein sedang/medium wheat/cap segitiga biru
400g gula pasir
40 g ragi instan
10 g bread improver
320 g mentega
150 g margarin
30 g susu bubuk
800 ml air es
300 g telur
25 g garam halus
Isi, aduk rata:
300 g paprika, potong dadu
300 g jagung manis
400 g bakso sapi, potong - potong
50 g bawang bombay cincang
400 ml mayonaise
200 ml saus tomat
Cara Membuat:
  1. Campur tepung terigu, bread improver, susu bubuk, gula pasir, ragi instan,telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/ mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selarna 2 menit. Masukkan air, margarin dan mentega.Tambah kecepatan mixer pada kecepatan 2. Aduk kembali selama 12 menit atau hingga adonan kalis. (Pengadukan bisa dilakukan dengan tangan hingga adonan kalis).
  2.  Bulatkan adonan, diamkan selama 25 menit. Kempeskan  adonan, bagi masing-masing adonan menjadi potongan seberat 35 g. Bulatkan dan diamkan selama 15 menit. 
  3. Giling adonan, tekan bagian tengahnya hingga terbentuk lubang ditengahnya namun tidak sampai tembus. Olesi dengan saus tomat. Isi dengan bakso, jagung manis, paprika dan bawang bombay cincang. Diamkan kembali selama 45 menit. Olesi permukaannya dengan bahan olesan
  4. Panggang di dalam oven bertemperatut 190°C selama 10 -15 menit atau hingga roti matang dan berwarna  kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Semprot bagian permukaannya dengan mayonaise. Atur di atas piring saji. Hidangkan.
Untuk 60 buah


1 comment:

  1. nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepx yaw, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich.......hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH

    ReplyDelete