Sunday, May 12, 2013

ADUH TUGAS MENUMPUK KOK MATA MENGANTUK!



ADUH, TUGAS MENUMPUK KOK MATA MENGANTUK!
Santai saja. Setiap karyawan pasti pernah mengalami ‘ penyakit ‘ ini. Tugas menumpuk, tapi mata mengantuk. Nah, agar hal ni tak terjadi keseringan, ada tips yang dapat kita lakukan.

1.      Jangan biarkan perut kosong.
Perut kosong bisa menjadi salah satu pemicu kantung dating. Kerena itu sebaiknya biasakan untuk sarapan sebelum bekerja. Menurut sebuah penelitian, sarapan dengan pilihan makanan yang tepat, akan membuat kita segar sepanjang hari. Konsentrasi juga meningkat.
Pilihan makanan yang bagus adalah kombinasi antara karbohidrat untuk cadangan energy serta protein untuk daya tahan tubuh. Misalnya, sarapan roti dengan keju atau selai kacang. Pilihan lain, sereal dengan buah , atau sandwich telur.
Hindari mengonsumsi makanan berat yang membuat perut bekerja maksimal. Misalnya, nasi goreng dengan telur pelengkap lainnya. Ini akan membuat tubuh bekerja keras saat mencerna. Akibanya energy yang di gunakan akan membuat tubuh lelah dan mengantuk. Makanan yang ringan dan berserat akan mudah dikunyah dan energy tetap tersimpan untuk bekerja maksimal di hari itu.

2.      Geliatkan tubuh!
Jangan biarkan tubuh kita teronggok di kursi tanpa bergerak sama sekali. Meski tugas menumpuk , bukan berarti kita harus terpaku di kursi melulu. Daripada berkomunikasi via email atau sms, bangun dan berjalanlah kea rah rekan kerja kita. Komunikasikan dengan bertatap muka.
Duduk seharian akan membuat tubuh kaku dan peredaran darah menjadi kurang lancer. Akibatnya kantuk juga menyerang. Gerakkan lengan , tubuh dan kepala, bersenamlah secara ringan. Kalau perlu saat di rest room, manfaatkan untuk menggerakkan otot-otot tubuh.
Begitu tubuh digerakkan, otomatis, peredaran darah akan kembali lancer. Badan jadi segar dan rasa kantuk akan segera menghilang.

3.      Makan siang jangan kekenyangan.
Kekenyangan di saat kapanpun , akan menjadi pemicu datangnya kantuk. Pastikan jangan kebanyakan makan saat lunch. Dan kalau masih ada rasa lapar, lanjutkan dengan makan buah. Ini akan membantu agar tubuh tidak kelelahan dam memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh.

4.      Ngemil Oke, Asal..
Makan  cokelat memang bisa mendongkrak engeri. Tapi sayangnya itu hanya untuk sementara. Satu jam kemudian kita mulai loyo lagi. Daripada mengejar kalori dari cokelat, sebaiknya cari kudapan yang juga kaya protein dan karbohidrat. Misalnya biskuti gandum atau kudapan rendah kalori lainnya.

5.      Tidur yang cukup
Kita mungking sudah bosan membaca kalimat di atas. Tetapi faktanya, tidur cukup sangat baik untuk kesehatan dan bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit.
Saat pulang kantor sudah larut, jangan teruskan untuk menonton televise. Sebisa mungkin langsung ganti baju, membersihkan diri, lalu tidur. Minum susu hangat sebelum tidur juga bisa dipercaya bisa membuat istirahat lebih nyaman. Usahakan selalu tidur 7-8 jam sehari.

No comments:

Post a Comment