Thursday, May 16, 2013

Seksologi Efek spiral bagi Reproduksi



Yth dr Bot Abidin,
Saya ikut program KB spiral jangka waktu 5 tahun, dipasang setelah anak ke-2 saya lahir. Seharusnya sekarang sudah habis waktunya tapi belum saya lepas. Apa efek buat kesehatan hubungan seks dan reproduksi akibat hal tersebut? Titin – bekasi

Ibu Titin Yth,
KB spiral atau tepatnya IUD(Intra Uterine Devide) adalah suatu alat kontrasepsi dengan cara kerja menghalangi masuknya sperma ke dalam salura telur dan menguah suasana rongga rahim sehingga diharapkan tidak terjadi kehamilan. IUD yang banyak dipakai saat mengandung unsure copper(tembaga) untuk  memperkuat efek kerja kontrasepsinya. Hal ini yang membuat ada batasan masa penggunaannya, dimana bila terlewati maka copper tersebut akan berkurang efektivitasnnya sedangkan bahan plastic IUD nya masih tetap baik dan masih dapat mencegah kehamilan.
Jadi bila sudah terlewati masa pakainya, IUD tersebut masih bermanfaat mencegah kehamilan hanya efektivitasnya berkurang,
IUD terletak di dalam rongga rahim dan tidak memperngaruhi aktivitas seksual Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Sterilisasi Rahim Sebabkan Keputihan?
Yth dr Boy Abidin
Saya ibu dan karyawan berumur 34 tahun. Setelah melahirkan anak ke-3. Rahim saya langsung di steril. Sudah 6 bulan ini saya mengalami keputihan berwarna putih susu, dan lama kelamaan menimbulkan noda berwarna kuning kecoklatan. Keputihan tersebut tidak menimbulkan gatal, tapi berbau. Untuk mengatasi hal tersebut, selain menggunakan sabun kewanitaan, saya selalu menggunakan pantyliners.
Yang ingin saya tanyakan :
1.      Apakah masalah saya ini timbul akibat dari sistim reproduksi yang di steril atau dari penggunaan pantyliners?
2.      Perlukah saya memeriksakan masalah ini ke dokter spesialis kulit dan kelamin?
3.      Obat apa yang harus saya konsumsi untuk mengatasinya?
Tyas – Tangerang

Ibu Tyas Yth,
Keluhan keputihan yang dialami oleh tyas tidak ada hubungannya dengan sterilisasi pada system reproduksi. Keputihan dengan banyaknya cairan berwarna kuning kecoklatan disertai bau tidak enak lebih disebabkan infeksi bakteri. Perubahan kelembapan dan keasaman daerah kewanitaan dapat menyebabkan timbulnya bakteri yang mengganggu tersebut. Penggunaan pantyliner dapat mengubah kelembapan dan keasaman daerah kewanitaan sedangkan penggunaan sabun khusus untuk daerah kewanitaan bisa dilanjutkan karena sesuai dengan keasaman lainnya.
Untuk pengobatan keputihan tyas dapat ke dokter kulit dan kelamin atau dokter kebidanan setempat.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.



No comments:

Post a Comment