Thursday, May 23, 2013

Agar Si Kecil Menjadi “Bintang”




Anak yang cerdas tidak terjadi secara instan, butuh stimulasi yang konstan sejak dini.

Semua orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tapi kecerdasan tidak terjadi begitu saja lho! Apa peran orang tua dalam member rangsangan yang tepat?
Berbagai Stimulasi
Berikut ini beberapa stimulasi yang dibutuhkan agar anak tumbuh cerdas :
-           Kecerdasan Kinestetik
Merupakan kemampuan anak untuk mengontrol gerakan, keseimbangan, dan ketangkasa, yang melibatkan otot-ototnya. Berikan stimulasi dengan menaruh kepercayaan pada anak untuk menunjukkan kemampuan tubuhnya. Ajak ke tempat bermain yang aman agar bisa mengeksplorasi tubuhnya seperti melompat, lari, merangkak, atau bergerak dalam air.
-          Kecerdasan Interpersonal
Berupa kecerdasan untuk berkomunikasi dan memahami perasaan orang lain, sehingga ia mudah menjalin interaksi social. Anak yang menonjol dalam kecerdasan seperti itu, biasanya berbakat menjadi pemimpin. Stimulasi agar ia memahami suatu kondisi tertentu, misalnya ayah yang sibuk tidak bisa diganggu. Atau beri buku cerita, setelah itu minta ia menceritakan karakter tokohnya.
-          Kecerdasan Intrapersonal
Yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan untuk memahami diri sendiri, mengetahui apa yang diinginkannya, memberikan reaksi, dan memahami situasi. Stimulasi anak dengan memberinya bantuan untuk memahami apa yang dia rasakan. Tiba-tiba ia menendang mainannya, tanyakan apakah ia sedang marah terhadap kakaknya. Atau minta anak menggambarkan perasaannya pada saat itu.
-          Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan merasakan bentuk” dan menghubungkan elemen” yang ada di alam, seperti pohon dan binatang. Stimulasi dengan cara memperlihatkan proses tumbuhnya tanaman atau binatang. Ajak anak melihat proses kacang hijau menjadi taoge misalnya, atau mengajak berkebun. Biarkan ia sendiri yang menanam benih dan merawatnya. Sesekali bertamasya ke kebun raya adalah ide yang baik.

No comments:

Post a Comment