Thursday, May 23, 2013

Hidup Sehat dengan Cara Cerdas




 Selektif dan cerdaslah dalam memilih makanan sehat!

Memilih makanan yang sehat ternyata ada triknya. Selain harus cermat saat memilih, cara pengolahannya juga memegang peranan penting. Ini dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan

Cerdas mengolah Makanan
Mengolah makanan dengan cara mengukus lebih sehat ketimbang teknik merebus, apalagi menggoreng. Mematangkan bahan makanan dengan menggunakan teknik uap akan membuat lemak keluar dari bahan makanan, misalnya mengukus daging. Teknik mengukus juga akan menjaga kandungan serta dan nutrisi seperti vitamin B riboflavin, thiamin, niacin, dan B12 pada sayuran. Bahkan warna yang dihasilkan dengan teknik mengukus akan jauh lebih cerah ketimbang direbus.

Cermat memilih Makanan Sehat.
Kini makin beragam bahan pangan yang beredar di pasaran. Salah satunya makanan organic yang lebih sehat dan sedang gencarnya dibudidayakan. Dalam proses pertumbuhannya, pangan organic tanpa campur tangan kimiawi seperti pestisida. Sayangnya pangan organic harganya lebih mahal. Sebenarnya ada solusi jika Anda mendapatkan bahan makanan non organic seperti meminimalkan pajanan pestisida dengan mencuci buah dan sayuran di bawah air mengalir. Lalu pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi bervariasi warna untuk menambah kombinasi gizi optimal.

Ganti dengan yang lebih sehat
-      Pilih beras merah dan roti gandum yang kaya serat dibandingkan berar putih & roti putih. Serat membantu menjaga kesehatan gula darah dalam pencernaan.
-        Teh seduh lebih baik daripada the celup, karena kertas pembukus the celup mengandung zat pemutih. Jika ingin minum the celup jangan merendam the celup lebih dari 3 menit.
-          Konsumsi ikat laut ketimbang daging berlemak atau jeroan. Ikan laut kaya akan asam lemak Omega 3 yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.
-      Jika ingin mengemil, ganti sekantong keripik dengan irisan apel. Sepotong apel mengandung antioksidan yang tinggi, sementara keripik kentang tidak bernutrisi.
-     Tambahkan suplemen ke dalam menu harian Anda untuk menjaga stamina dan mendukung aktivitas Anda yang tinggi

No comments:

Post a Comment