Tuesday, May 14, 2013

AGAR HIDUP LEBIH SEHAT




Andre yang dahulu mempunyai beberapa kebiasaan merokok, mulai menyadari bahwa ia kini sedang menuai akibatnya. Meski ia dating ke kantor pukul delapan pagi, ia baru merasa segar dan siap untuk bekerja pukul sepuluh. Mau tidak mau , ia akhirnya membuat penyesuaian dalam rutinitasnya. Hasilnya, dalam tujuh tahun terakhir, ia absen karena sakit tidak lebih dari dua hari dalam setahun. Ia merasa bugar,sigap dan benar-benar telah bisa menikmati hidup.


JAGA KESEHATAN
tidak soal kaya atau miskin, banyak orang tidak bisa melihat kaitan antara kebiasaan dan kesehatan. Mereka menganggap kesehatan yang lebih baik hany a merupakan factor kebetulan atau lebih merupakan sesuatu yang berada di luar kendari mereka. Pandangan yang fatalistis seperti itu membuat banyak orang enggan meningkatkan kesehatan dan enggan menjalani kehidupan lebih produktif.

Pada kenyataannya, tidak ada kaitan antara kesehatan dengan kondisi keuangan. Ada langkah-langkah dasar yang dapat diambil untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan termasuk kesehatan keluarga. Kita bisa membuat kehidupan yang lebih berkualitas, misalnya mengajar anak-anak untuk membentuk kebiasaan baik agar bisa hidup lebih sehat, tanpat mengeluarkan biaya ekstra. Selain penderitaan berkurang, waktu yang terbuang dan uang untuk pengobatan juga akan berkurang. Seperti nasihat bijak mengatakan, mencegah itu lebih baik daripada mengobati

MAKAN DENGAN BIJAK
Penulis Michael Pollan merangkum kiat diet sederhaba yang sudah.
1    Konsumsi makanan Segar, utamakan makanan alami, makanan sehat dan segar yang telah dinikmati orang selama ribuan tahun. Makanan kaleng dan siap saji biasanya mengandung kadar gula, gara, dan lemak yang tinggi. Banyak dikaitkan d engan penyakit jantung,stroke, kanker dan penyakit serius lainnya. Sewaktu memasak, gunakan cara mengukus yang lebih baik disbanding dengan menggorang. Gunakan banyak rempah dan bumbu untuk mengurasi penggunaan garam.

No comments:

Post a Comment