Monday, May 13, 2013

Plastic Surgery



New Look! New You!
Plastic Surgery From Top To Toe
Sedang bersiap-siap menghadapi tahun baru? Ya, semua orang memang tengah mempersiapkan diri menyambut datangnya tahun 2005, termasuk Anda. Jangan lupa, persiapkan pula penampilan anda dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, agar anda benar” tampil baru dan lain dari biasanya. Untuk cara yang benar”  cepat dan instan, tapi aman dan tanpa efek samping, anda bisa mencoba berbagai teknik bedah plastic untuk mem-vermaak penampilan. Mulai dari face lit, brow lift, liposuction, pembedahan hidung, kelopak mata dan sebagainya. Pokoknya komplit deh!

Dulu dan sekarang berbeda. Itu pula yang terjadi pada teknik bedah plastic atau bedah kosmetika. Bahkan , berbagai teknik yang ditawarkan tidak lagi menjadi milik mereka yang memiliki banyak uang. Selain itu, perkembangan baru juga memungkinkan seorang dokter bedah plastic mengotak-atik tubuh anda, tanpa anda menyadari hasilnya kelak. Tapi, begitu anda tersadar dari pembiusan dan beberapa hari kemudian, baru anda benar” menyadari penampila baru yang anda dapatkan.

90% untuk mengganti penuaan
Mengapa memerlukan bedah plastic? Sebuah hasil penelitian membuktikan , bedah plastic akan membuat orang menjadi lebih menarik, lebih popular dan ujung-ujungnya tentu diterima di mana saja, termasuk untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Keyakinan  bahwa kecantika akan membawa kehidupan yang lebih bahagia, telah diyakini para wanita selama- hampir berabad-abad ini, apalagi tahun-tahun belakangan ini. Tak jarang, wanita membandingkan dirinya dengan seorang model atau selebritis yang ada majalah maupun televise. Dan, satu hal yang mengejutkan 90% prosedur bedah plastic, dpilih karena ingin mengganti tanda” penuaan menjadi awer muda yang fanastik.
Penelitian lain juga membuktikan, mereka yang memiliki rasa percaya diri yang rendah dan memiliki masalah dalam menjalin hubungan dengan orang lain, berkat bedah kosmet ik, mereka jadi lebih terbuka dan mudah bergaul. Tapi, pelajari dan lakukan penelitian lebih dulu untuk mengetahui resikonya. Bagaimanapun juga, keputusan ada di tangan anda.

Face lift
Saat kita bertambah tua, kulit menjadi tipis dan kurang elastic. Tulang kita mulai keropos dan daya dukung otot berkurang, hingga kulit lambat laun kehilangan nona dan kelenturannya. Ada beberapa versi face lift yang bisa anda coba dan kandidat yang ideal adalah mereka yang berusia 40 tahun atau lebih dengan struktur tulang yang baik dan kulit masih elastic.
Di bawah bius total, ahli bedah akan membuat garis dari pelipis ke arah bagian bawah dan di bagian depan telinga, juga bagian belakangnya menuju kulit kepala. Lalu, kulit akan diangkat bersama jaringan yang ada didalamnya, ditarik ke atas dan ke belakang. Otot-otot pada lapisan dalam, termasuk otot lehen dan kulit yang berlebihan dapat dikencangkan dengan irisan kecil di bawah dagu. Sekaligus, dapat pula dilakukan liposuction untuk dagu yang bertumpuk, pemasangan implant untuk menarik ke belakang, pemasangan implant pada pipi atau bedha kelopak mata. Kulit yang berlebihan akan dipotong dan dirapikan, lalu lukanya dijahit. Anda akan terbangun dengan rasa pening dan sesudah menginap 1 atau 2 malam, anda masih akan tetap merasa nyeri dan begitu pulang, anda mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Wajah akan bengkak, kencang, mati rasa dan kaku, setidaknya selama 14 hari. Ada pula rasa gatal,sakit kepala dan depresi akibat efek samping pembiusan. Anda dapat memakai make up begitu jahitan dibuka, 5 hari setelah pembedahan. Dalam waktu 2 minggu, luka” akan membaik , wajah akan terasa kencang dan sebaiknya anda menghindari dulu aktifitas yang berat dan terlalu lama tertimpat sinar matahari.

Menurut DR.Dr.Henry Wijono Notodihardjo,SpBp, face lift memang efektif untuk mengencangkan wajah. Teknik ini dilakukan dengan cara membuka kulit, lalu kantung lemak di-reposisi dan diikat ke belakang pipi. Kulit dikembalikan dan ditarik ke arah pelipis, lalu sisa kulit dibuang. Dengan reposisi kantung lemak ini, diharapkan hasil operasi bisa bertahan sampai 6 tahun.
Sayatan akan disimpan ditepi dalam telinga dan setelah 14-31 hari, hasil nyata baru akan terlihat jelas. Dengan biaya Rp.35.000.000,- anda akan merasakan hasilnya selama 4-6 tahun ke depan. Untuk resiko, jika dikerjakan kurang hati”, bisa saja teknik ini merusak jalan saraf wajah.


Brow Lift
Brow lift sangat efektif untuk mereka yang memiliki ekspresi wajah tampak lelah, sedih atau kejam, apalagi dengan alis mata yang seolah-olah seperti tudung di atas mata ditambah dengan kerutan” vertical di atas hidung. Teknik ini biasa dilakukan melalui lubang kecil. Suatu pipa endoskopik dengan kamrea sangat kecil dan instrument” pada ujungnya, dimasukkan melalui sayatan kecil tadi. Dalam teknik ini, kulit akan diangkat ke atas tulang dan ditarik ke arah atas, lalu kening secara hati” akan diperbaiki bentuk yang seharusnya. Alis mata diperbaiki ke posisi yang tampak lebih muda, dengan mengurangi alis mata yang seperti tudung dan kerut” vertical. Anda akan terbangun dengan luka” pada mata sampai pipi dan kening akan mati rasa.
Dengan teknik brow lift, kata DR.Dr.Henry Wijono Notoddihardjo, SpBp, disamping alis akan lebih terangkat ke atas, tentu saja efeknya juga akan sampai ke mata serta wajah secara keseluruhan. Teknik brow lift terbaru dilakukan dengan membuka dahi dari tulang atau disebut teknik forehead lift , lalu diikat ke tulang kepala, kemudian dilakukan reposisi letak kulit dahi. Atau, bisa juga dilakukan dengan manerik alis langsung lewat sayatan anchor kea rah pelipis atau dasar kulit rambut.

Untuk teknik pertama, dilakukan dengan bius umum, tapi teknik kedua cukup dengan bius local saja. Namun, teknik operasinya bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Setelah operasi, anda akan merasa daerah dahi terasa kencang dan hasilnya bisa terlihat saat itu juga. Untuk teknik pertama, anda harus menyiapkan dana antara Rp 17.000.000,- s/d Rp.18.000.000,- ketahanan hasilnya bisa mencapai 2-3 tahun, tapa ada resiko apapun.


Pembedahan kelopak mata
Pria atau wanita dan wajahnya tampak lelah karena kelopak mata yang tebal, kantung mata atau adanya kantung lemak diatas mauoun di bawah mata. Disini, kulit yang berlebihan akan disingkirkan. Tapi anda perlu tahu, operasi ini bukan untuk menghilangkan kerut, seperti  kerut di sudut mata, kecuali membuatnya menjadi lebih lembut. Kadang, operasi ini juga dapat digabungkan dengan teknik brow lift. Setelah pembiusan, dokter akan membuat irisan halus di dekat garis mata bagian bawah dan dikerut bagian atas kelopak mata. Kulit yang berbentuk elips dan lemak yang bertumpuk akan disingkirkan. Jika pasien berusia muda, yang hanya ingin membuang kantong lemak di bawah mata, tekniknya akan dilakukan di bagian dalam mata.
Lebih jauh, kata DR.Dr.Henry Wijono Notodirhadjo, SpBP, pembedahan kelopak mata dapat dilakukan dengan cara membuang bagian kulit kelopak mata yang berlebih, lalu posisinya dikembalikan ke posisi senormal mungkin. Lama operasinya, membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan biaya Rp. 3.000.000,- . resiko setelah operasi, daerah mata akan bengkak dan baru hilang setelah sekitar 1 bulan. Jika bengkaknya sudah menghilang, akan dilihat kembali hasilnya. Bilang garis lipatan kurang baik atau kurang maksimal, dapat dibuat garis lipatan kelopak mata yang baru yang sesuai dengan kondisi pasien. Mengenai ketahan hasilnya harus dilihat kasus perkasus, tapi umumnya mencapai 4-6 tahun.


Pembedahan Hidung
Pembedahan hidung, paling sering dilakukan dan cocok untuk siapa saja yang berusia 18 tahun atau lebih, dimana pada usia ini hidung sudah berhenti tumbuh. Biasanya teknik ini dilakukan untuk puncak hidung yang terlalu rendah, lebar, besar, patah atau bulat, sehingga sulit mengenakan kacamata, bisa juga untuk memperhalus bentuk hidung, mengurangi tonjolan hidung dan puncak hidung, sekaligus menyesuaikan cupingnya.
Operasi berlangsung selama 1-2 jam; ‘terbuka’, ‘ tertutup’ dan ‘ujung’. Operasi ‘tertutup’ dilakukan di bagian dalam hidung, sehingga tidak ada bekas luka, operasi ‘terbuka’ dilakukan di ujung hidung, dimana hidung dibuka melalui suatu irisan pada bagian jaringan dan memisahkan hidung. Sedangkan pembedahan ‘ujung’ digunakan untuk memperbaiki ujung hidung yang melengkung ata bulat.
Menurut DR.Dr.Henry Wijono Notodihardjo, SpBp, perbaikan pada maslah hidung ini, perlu ditambah dengan silicon soft yang padat, tapi bukan silicon cari. Bila puncak hidung kurang lancip dapat diperbaiki dengan mereposisikan tulang rawan yang ada, tanpa menambah bahan-bahan luar.
Operasi pembedahan hidung hanya dilakukan dengan bius local dan menggunakan bahan silicon soft yang padat serta elastic, sehingga saat hidung dipencet tidak mudah bergeser. Usai operasi, hidung anda akan diplester untuk menahan tulang” agar berada ditempatnya. Untuk sementara waktu, hidung anda mungkin akan beringus dan muncul urat” halus semacam varices, tapi hal ini dapat diobati dengan mudah.
Lama operasi memakan waktu sekitar 2 jam, dengan biaya Rp.10.000.000,- usai operasi, hidung akan mengalami bengkak selama 2-3 minggu tembus ke kulit saat pemasangan, silicon terlalu ketat dan dipaksakan ketinggiannya, padahal kulit dan jaringan yang ada tidak cukup.


Pembesaran Payudara
Para wanita yang memiliki dada rata, payudaranya menyusut setelah menyusui atau mengendur karena usia, memerlukan suatu teknik operasi pembesaran payudara. Begitu pula jika putting susu menggantung di bawah lipatan bagian bawah payudara, menaikkan payudara akan menjadi pilihan terbaik.
Menurut dr.Imam Susanto, SpBP, payudara yang terlalu kecil, disebabkan karena kelenjarnya yang memang tidak berkembang dengan sempurna. Ditemukan beberapa kasus, seorang gadis yang tidak memiliki payudara sama sekali atau disebut Poland syndrome dan ada pula yang payudaranya kecil sebelah, yang kedua-duanya merupakan kelainan bawaan. Pembesaran payudara, kata dr.Imam nisa dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama, menggunakan bahan yang berasal dari tubuh pasien sendiri, misalnya memasukkan lemak yang diambil dari perut atau tempat” lain yang memiliki lemak berlebih. Setelah lemak disaring dan tersisa yang murninya saja, selain itu, penyerapan ini pun seringkali tidak berlangsung secara merata, ada yang banyak dan ada pula yang sedikit, sehingga menimbulkan lisis dan hasilnya tidak bagus. Proses lipofilling ini, setelah 6 bulan bisa diulang kembali.

Proses pembesaran payudara ini akan meninggalkan 2 bekas. Bekas pertama di bagian tubuh dan lemaknya diambil dengan ukuran 4 atau 5 mm dan bekas kedua ditempat memasukkannya, yaitu di sekitar payudara dengan kanula berukuran 3 mm. dengan bekas sebesar ini, tentu tidak akan terlihat dengan nyata. Untuk pembiusan, tergantung keberanian pasien. Bisa local atau total. Tapi sebaiknya dilakukan dengan bius total. Setelah sadar, tidak ada apapun yang dirasakan pasien, kecuali perasaan adanya sesuatu yang mengisi payudara.
Waktu penyembuhan lukannya memakan waktu sekitar 1 minggu, sedangkan penyembuhan jaringan memerlukan waktu 3 minggu dan pasien harus selalu mengenakan suspense atau bra yang penuh guna mempertahankan posisi payudara yang baru.
Teknik ini hampir tidak memiliki resiko, kecuali pada saat pemasukan lemak, kemungkinan lemak akan masuk ke pembuluh darah. Tapi kemungkinan ini relative kecil, sebab kanula yang digunakan tidak terlalu tajam.

Proses pembesaran payudara yang lain, juga dapat dilakukan melalui teknik penggeseran otot” dan kulit bagian punggung ke depan. Tapi biasanya pasien kurang menyukai cara ini, karena bekas lukanya menjadi lebih banyak. Teknik ini biasanya hanya digunakan untuk mereka yang telah melakukan pengangkatan payudara karena kanker. Teknik lainnya, yaitu dengan cara memasukkan kanton dari bahan poly uretan atau silikok sheet, dimana kantong ini bersifat inert atau tidak menimbulkan reaksi, kantong ini akan diisi dengan bahan NaCL 0,9% gel (hydrogel, crystaltoid, atau silicon gel). Ada 2 jenis kantong yang biasanya digunakan, yaitu prefill (sudah diisi), tinggal pakai dan jenis fill( ada klep-nya dan ini hanya untuk NaCL). Bahan yang paling aman digunakan adalah tidak akan membahayakan tubuh.
Proses pemasukan kantong dan isinya ini, bisa dilakukan di beberapa tempat. Jika kantong yang dimasukkan tidak memiliki klep, dapat dimasukkan melalui lipatan payudara, di sekitar areola atau dari ketiak. Pemasukan dari lipatan payudara lebih baik, sebab tidak akan mengganggu sensitifitas payudara, tapi bekasnya akan sedikit terlihat.  Sementara sayatan yang dilakukan di sekitar areola, bekasnya memang tidak terlihat, hanya saja akan merusak struktur, sebagian kelenjar payudara dan sebagian sesitifitas payudara. Tekniknya memang relative lebih sulit, tapi masih bisa dilakukan. Sebagai catatan,  untuk mereka yang masih gadis dan kelak akan menikah serta menyusui anaknya, teknik ini dirasa kurang efektif. Namun jika dimasukkan dari ketiak, bekasnya sama sekali tidak terlihat di daerah payudara dan tidak akan mengganggu sesitifitas payudara, tapi cara pengerjaannya lebih sulit.
Dimana posisi  kantong akan berada? Tergantung kondisi payudara. Jika kelenjar payudaranya banyak atau masih cukup, dapat diletakkan di bawah kelenjar, di atas dinging dada (facia otot pactoralis). Peletakkan kantong di daerah ini akan membuat bentuk payudara lebih bagus dan saat dipegang terasa lembut, sebab yang terpegang masih kelenjar payudaranya. Jika kelenjar payudara sedikit, kantong akan diletakkan di bawah otot.
Setelah seminggu sampai 10 hari, ada massage khusus yang harus dilakukan agar rongga payudara terbentuk cukup luas serta menjadi normal. Rawat inap tidak diperlukan.

Sebenarnya, sejak tahun 1992, implant silicon sudah dilarang di amerika serikat, menyusul adanya tuntutan akibat silicon yang bocor, hingga memicu adanya gangguan pada jaringan penghubung, seperti rheumatoid arthritis. Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung hal ini, karena itu silicon pun dinyatakan aman di inggris. Para dokter mengatakan, silicon dapat digunakan sepanjang untuk pengganti tulang sendi atau untuk pelumas alat injeksi. Implant dapat bocor dan using setelah 30-40 tahun, tapi tidak ada bukti hal ini berbahaya. Satu dari 10 yang pecah saline implant-nya ( implant yang mengandung garam), misalnya air yang mengandung garam tidak berbahaya dan mudah dikeluarkan. Dan perlu anda tahu, gel baru yang kohesif, dirancang untuk tidak bocor jika terusik.


Mengecilkan Payudara.
Operasi ini akak memberi kelegaan secara fisik dan kejiwaan bagi para wanita yang memiliki payudara besar, dapat dilakukan di segala usia, dari usia akhir belasan ke atas, karena payudara yang terlalu besar, bisa terjadi pada mereka yang masih gadis. Tekniknya tergolong operasi besar, dibawah bius total dan ahlo bedah akan mengambil bagian dari payudara, menjahit kulit dan mengatur kembali letak putingnya. Ada 3 bekas luka yang mungkin terjadi; seputar putting, mulai dari putting ke arah lipatan di bawah payudara dan di sepanjang bagian bawah payudara. Meski rawat inap selama 1 atau 2 malam, tapi anehnya tidak begitu terasa sakit.
Teknik pengecilan payudara , kata Dr. Imam Susanto , SpBP, dapat dilakukan dengan proses Reduksi Mammoplasty untuk meletakkan payudara di posisi semula, tepatnya dipertengahan antara bahu dengan siku, lalu dilakukan pengurangan kelenjar payudara sekaligus kulit yang berlebihan.
Proses yang dilakukan di bawah bius total ini, kemungkinan akan membuat fungsi payudara tergangu. Karena itu, bagi mereka yang masih gadis, sebaiknya dipikirkan lagi, ingin berpayudara ideal atau tidak dapat secara maksimal menyusui anaknya. Selain itu, ada pula kemungkinan terjadinya gangguan sensitifitas payudara.
Waktu pengerjaannya hanya beberapa jam dengan masa penyembuhan sekitar 1 minggu sampai 10 hari. Di atas 3 minggu sampai 3 bulan, sebaiknya belum melakukan  olahraga yang terlalu berat.

Menaikkan Payudara
Di masa remaja, payudara akan terlihat lebih ‘naik’ dan putting-nya akan mengarah ke depan. Tapi setelah menikah dan beberapa kali melahirkan sekaligus menyusui, akan membuat payudara menjadi ‘turun’ dan putting-nya akan mengarah ke bawah. Dengan kondisi ini, secara tidak langsung akan merubah bentuk payudara menjadi kurang menarik. Ahli bedah akan menaikkan putting, menarik ke atas jaringan-jaringan payudara dan mengurangi sejumlah kulit, hingga payudara naik lebih tinggi pada dinding dada, membuatnya tampak lebih menonjol.
Sebenarnya, cara pengerjaannya tergantung kasusnya. Dr.Imam Susanti, SpBP berpendapat , dalam kasus ini yang dilakukan tidak hanya sekedar memasukkan kantong berisi NaCL ( seperti pada proses pembesaran payudara), tapi juga bersamaan dengan melakukan reposisi putting ke tempat yang normal. Caranya, mengurangi sebagian kulit. Dengan cara ini, jumlah sayatan agak banyak dan bentuknya seperti hufut T terbalik.
Waktu penyembuhan hanya sekitar 1 minggu sampai 10 hari dan selama 3 minggu sampai 1 bulan, pasien harus mengenakan bra yang penuh dan tidak boleh olahraga berat guna member kesempatan pada kantong agar terbentuk dengan baik.
Resiko yang paling mungkin, terjadi perdarahan dan ini bisa saja disebabkan dari pekerjaan dokter yang kurang bersih, shingga payudara menjadi bengkak” atau biru, bahkan infeksi. Selain itu, ada pula resiko kemungkinan berkurangnya sesitifitas payudara.

No comments:

Post a Comment