Thursday, May 9, 2013

Habit Baru



Kebiasaan baru: panduan praktis!
Resolusi tahun baru bukan hanya sekedar untuk diingat dan dilanggar lagi. Selama ada niat, anda pasti bisa memulai kebiasaan baru. Sekarang!

Setelah libur panjang kemarin, akhirnya anda bekerja lagi. Sedikit blank, mungkin. Tapi taka pa-apa, karena otak baru saja istirahat dari segala pekerjaan kantor yang bikin sakit kepala. Ingin mulai bekerja, tapi yang terbayang malahan betapa menyenangkannya pesta tahun baru kemarin. Pesta pora bersama teman-teman dekat. Setelahnya, langsung  tidur hingga siang hari di kamar hotel yang sudah dipesan sebulan sebelum tahun baru tiba. Atau teringat saat meghabiskan waktu bersama sang romeo?
Sudah. Berhenti senyum-senyum sendiri dan mulailah bekerja. Seperti biasa, hari ini Anda telat masuk kerja. Tergopoh-gopoh masuk kantor, Anda langsung menuju kamar kecil untuk ber make-up, sesampainya di meja, pekerjaan sudah menumpuk, hingga Anda bingung mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Karena ini pula, Anda sering membawa pulang kerjaan kantor.
Oh, well. Itu urusan nanti. Yang terpenting sekarang adalah menu makan siang hari ini. Sekilas teringat resolusi tahun lalu, berjanji untuk mengurangi porsi makan. Sayangnya hanya erhadil Anda tepati selama sebulan saja. Dalih Anda saat itu adalah porsi makan tetap sama, tapi giat berolahraga. Dan, ternyata masih tidak terlaksana juga. Belum lagi janji menabung untuk cicil rumah.
Teman, makin sering Anda lakukan sebuah kebiasaan, akan makin sulit untuk menghilangkannya. Jika tidak sekarang, kapan lagi? Jadi, lakukan panduan praktis berikut, segera!
Kebiasaan 1: telat masuk kerja
Jalanan macet biasanya jadi penyebab paling utama Anda tiba telat di kantor. Selain macet, bingung pakaian apa yang hendak dikenakan dan lama waktu dandan juga jadi penyebab lain.
Trik: ubah pola berpikir Anda. Jika anda pikir masuk kantor pukul 8 pagi, Anda salah. Jadwal masuknya adalah 7.30 pagi. Begitu anda bereaksi,” tapi itu terlalu lagi,” anda hanya akan terlambat lagi. Mengenai pakaian, pilih pakaian yang hendak dikenakan semalam sebelumnya. Belajar mengaplikasikan makeup di mobil. Bukan yang sulit, seperti eye liner atau mascara. Tapi lebih seperti bedak, pemerah pipi dan lipstick. Untuk urusan rambut, tak ada salahnya menggunakan rool rambut di mobil. Lebih hemat waktu!
Kebiasaan 2: membawa pulang kerjaan kantor
Tak bisa dipungkiri, Anda termasuk yang sering membawa pekerjaan kantor ke rumah. Enyahkan segera!
Trik: menurut nara sumber cosmo nirmala ika MPsi, Psi, biasakan  untuk membuat todo list tiap hari. Matikan segala bentuk messenger(YM,IRC, dll) dan hanya periksa e-mail yang memang harus segera di baca. Yang terpenting, atur waktu anda sebaik mungkin. Saat tugas sedang banyak-banyaknya, usahakan datang 30 menit lebih awal dan pulang 30 menit lebih lambat. Bila harus melakukan pertemuan di luar kantor, atur jadwal pertemuan di pagi hari atau siang menjelang sore agar anda tetap punya waktu untuk bekerja lagi.
Kebiasaan 3 : porsi makan berlebih
Menurut penulis buku mindless eating; why we eat more than we think, brian wansink, “ kita makan saat perut tidak lapar, namun masih bisa diisi dengan makanan. Yang dipilih? Camilan.
Trik: menurutnya, tanpa perlu diet berlebih, kita dapat memanipulasi pikiran untuk mengurangi berat badan. “ saat makan di restoran bersama teman, biasanya kita makan 40% lebih banyak. Jadi, batasi diri untuk pesan maksimal 2 tipe makanan saja.” Tambahnya. Menurutnya, kita cenderung makan lebih banyak jika wadah makannya lebih besar. Jadi, ganti piring di rumah dengan diameter yang lebih kecil. “ dan jangan mudah tergoda dengan diskon khusus di restoran dan produk camilan dengan naman menggiurkan.”
Kebiasaan 4: Malas Olahraga
Setelah kerja, Anda sudah terlalu lelah untuk berolahraga. Yang terbayang hanya kasur dan bantal empuk di rumah.
Trik: tak ada waktu ke gym, olahraga saja di kantor. Caranya, pastikan Anda mengenakan sepatu kantor yang nyaman. Mulai menggunakan tangga menuju kantor, datangi langsung kolega ke mejanya daripada via e-mail, dan banyak lagi. Mulai terbiasa dengan pola tadi, coba lakukan lebih cepat. Agar tak lupa untuk strectching, pasang alarm tiap satu jam sekali. Mudahnya, coba jalan di tempat dengan dengkul diangkat tinggi. Lakukan 3-5 kali.
Kebiasaan 5: Boros
Baiklah. Ada begitu banyak sale yang tidak bisa ditolak. Ya, teruskan saja kebiasaan ini jika anda ingin tabungan terkuras habis!
Trik: menurut pakar keuangan Mike R. Sutikno, menabung itu sangat mudah. Mulailah dari hal kecil dulu. Tiap kali ana terima kembalian Rp.5000 atau Rp.10000, langsung masukan ke celengan rumah. Jika sudah penuh, masukkan ke rekening bank, belikan reksa dana, atau beli emas. Jadikan menabung ke dalam anggaran belanja bulanan. Jika tiap bulan belanja ke hypermart, lakukan juga belanja tabungan ke bank. Pastikan anda menabung karena ada tujuan. Misalnya, untuk cicil rumah, liburan ke Thailand, dan lain sebagainya.



Agar kebiasaan terus lengket:
Maksimalkan kebiasaan Anda!
1.     Butuh waktu sedikitnya 21 hari agar anda terbiasa dengan kebiasaan baru. Jadi, Anda harus melakukannya sebanyak 21 hari, setiap  harinya. Jika Anda melewatkan satu kali saja, ulagi lagi dari pertama.
2.     Teguhkan niat. Tak ada gunanya mengubah jika Anda sudah terlanjur puas dengan kehidupan anda sekarang. Perubahan ini harus datang dari diri Anda sendiri.
3.     Tulis konsekuensi secara spesifik. Meskipun konsekuensinya seperti, “rambut berantakan, wajah pucat tanpa bedak, dimaharin atasan lagi,” pastikan semuanya Anda tulis!

No comments:

Post a Comment