Saturday, May 18, 2013

Pentingnya SARAPAN BERNUTRISI



Pernahkah Anda mengalami masalah dengan buah hati yang susah  dan malas makan? Yang lebih mengkhawatirkan adalah jika anak juga enggan saran sebelum berangkat sekolah. Tentu ini akan mempengaruhi semangat saat belajar dan beraktivitas di sekolah.

Anak yang lincah dalam pergaulan dan berprestasi baik di bidang formal ataupun informal adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi para ibu. Dengan rajin belajar dan dukungan Anda terhadap bakat anak sangat penting agar  potensi dirinya terasah. Namun, ada kator penting lain yang dapat membantu meningkatkan kecerdasannya lebih optimal, yaitu sarapan pagi.

MANFAAT SARAPAN
Lebih dari sekedar pengganjal perut lapar, sarapan merupakan kebutuhan penting yang sebaiknya dilakukan setiap orang sebelum memulai aktivitas, khusunya oleh anak usia sekolah. Sayangnya, sarapan justru sering terlewatkan karena berbagai alasan seperti terlambat bangun pagi, tidak terbiasa, atau malas. Mungkin anak tidak pernah mengeluhkan hal ini, terutama jika Anak Anda termasuk anak yang memang sulit makan, namun tanpa disadari memulai hari yanpa sarapan bisa berakibat kurang baik untuk anak Anda. Sarapan member manfaat yang saling berkaitan bagi tubuh. Pertama, hasil pembakaran karbohidrat dari sarapan akan menghasilkan energy, sehingga anak dapat beraktivitas dengan penuh semangat. Selanjutnya, beragam kegiatan yang anak lakukan membantu kelancaran proses metabolism tubuh. Anak pun lebih sehat dan terhindar dari kemungkinan obesitas. Dengan sarapan, tubuh juga akan mendapatkan pasokan gula darah untuk memberikan bahan bakar kepada otak. Otak pun dapat bekerja secara lebih maksimal, dan mampu meningkatkan konsentrasi, kecerdasan, serta daya ingat anak, yang berpengaruh pada peningkatan prestasinya di sekolah ataupun di lingkungan social. Selain itu, membiasakan anak kelua rumah dalam keadaan kenyang, tentu akan mengurangi keinginannya untuk ngemil atau jajan makanan yang belum tentu terjamin gizi dan kebersihannya. Lagipula anak yang terbiasa sarapan memiliki berat badan yang relative stabil dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.

MENU BERNUTRISI
Sarapan tentuk baik, namun bukan berarti Anda bisa menyajikan menu sarapan yang sembarangan. Tak harus dengan menu yang istimewa atau porsi berlebihan., melainkan harus tetap yang sehat bagi tubuh. Yang penting, anak bisa menikmati menu yang disediakan dan gizinya terpenuhi.

Jika anak bosan dengan menu nasi, anda bisa sajikan menu lain yang sederhana, misalnya setangkap roti isi telur dengan segelas susu. Atau agar lebih praktis, Anda bisa sajikan semangkuk sereal gandum rasa coklat dengna susu. Karbohidrat kompleks  serat, vitamin, protein, dan mineral dalam semangkuk sereal mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.
Kandungan gandum utuh (whole grain) dalam sereal baik untuk tubuh, akrena gandum utuh adalah biji gandum yang masih memiliki lapisan luar dan inti, yang tidak hilang saat proses penggilingan. Jadi, serat pada gandum utuh lebih banyak dibandingkan gandum yang digiling. Selain sehat, rasa sereal yang lezat pasti disukai anak”. Mereka pun akan terbiasa sarapan sebelum beraktivitas di pagi hari.


AGAR SARAPAN LEBIH MENYENANGKAN!
-          Bangunkan anak lebih pagi, agar waktu sarapan sebelum sekolah lebih tenang.
-          Jika anak memang agak sulit sarapan, berikan makanan yang dikonsumsi seperti sereal dengan susu.
-          Untuk membiasakan anak yang sulit harapan, berilah sarapan dalam porsi sedikit lebih dulu, lalu secara bertahap porsi ditambah sesuai kebutuhannya.
-          Berukan menu sarapan yang disukai anak, misalnya sereal gandum rasa cokelat yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta, serta vitamin dan mineral.

No comments:

Post a Comment