Sunday, May 19, 2013

Olahraga Ringan



Cukup 5 Menit sehari (minimal)
Bukan masalah baru bila wanita karir kerap menghabiskan waktu bekerja di belakang meja atau di depan computer, sering mengalami sakit leher kronis. Solusinya sebetulnya sederhana. Menurut studi yang telah di publikasikan  dalam journal of the American medical Association, melakukan latihan penguatan leher dengan elastic bands atau berlatih dengan beban untuk menguatkan bahu dan tubuh bagian atas, terbukri dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Jadi bukan Cuma bahu yang oke, leher pun kuat.
Jika tidak sempat melakukannya, Anda bisa mencoba gerakan sederhanan ini di kantor sebanyak 10 repetisi (Cuma 5 menit lho) beberapa kali sehari:
-          Perlahan putar kepala Anda ke satu sisi. Tahan 5 detik, ulangi ke sisi lain.
-          Rebahkan kepala mengarah ke salah satu bahu. Tahan 5 detik, ganti ke bahu lain.
-          Miringkan kepala kea rah belakang hingga anda dapat melihat langit-langit. Tahan 5 detik.
-          Terakhir, jangan lupa untuk selalu duduk dalam postur tubuh yang baik, karena postur yang buruk  merupakan sumber sakit leher.


Untuk Otot & Otak
Berolahraga secara rutin tidak hanya membuat Anda lebih sehat dan kuat, namun juga mampu melindungi sel-sel otak. Peneliti di University of illinosis membuktikan hal ini setelah memperhatikan brain images 55 partisipan yang berusia 55 tahun ke atas. Ditemukan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif alias sering bergerak mengalami paling sedikit kemunduran pada area otak yang bertanggung jawab akan fungsi kognitif. Asumsi mereka adalah bahwa latihan aerobic meningkatkan kemampuan otak untuk memperbaharui neuron yang berpengaruh terhadap fungsi kognitif otak. Sekali mendayung, satu dua pulau terlampaui kan?



Latihan Bulan ini
PILATER
Perfect for your body
Tidak harus selalu dilakukan dengan alat, latihan pilates di atas matras ini juga dapat mengencangkan dan melenturkan tubuh Anda. Lakukan 3 kali seminggu
Footwork (target: paha & perut)
Berbaring telentang dengan kaki membentuk posisi V. tekuk lutut ke arah dada hingga betis sejajar dengan matras (membentuk sudut 90 derajat). Luruskan kedua kaki ke atas sambil satukan tumit. Punggung tetap rata. Lakukan 3 set masing” 10 kali.
Running (target : paha dalam, bokong & betis)
Berbaring telentang, naikkan kedua kaki. Luruskan kaki kiri, sementara lutut kaki kanan sedikit di tekuk, posisi jari kanan di point. Ganti kaki dan ulangi. Lakukan 30 repetisi.
Side (target : perut)
Duduk tegak, kedua kaki diluruskan, tumit rapat namun ibu jari berjauhan, kedua tangan di belakang kepala. Putar badan ke arah kanan. Ulangi ke sisi yang lain. Lakukan 3-5 repetisi setiap sisi.
Tendon Stretch (target : seluruh tubuh)
Mulai dengan posisi V terbalik, punggung lurus. Berjinjitlah. Pertahanan tulang punggung, lengan dan leher tetap lurus. Turunkan tumit, ulangi 10 kali.

1 comment:

  1. semangat pagi...
    simple sekali untuk wanita super sibuk.. mudah dan sehat..
    eh iy... ad yg tau trenbaju senam terbaru..
    mohon infonya..

    ReplyDelete