Wednesday, May 8, 2013

Dismenorae



Dismenorae, Bikin Dandan Menor jadi tidak berarti
“pagi-pagi perut kena dismenorae.. naman sudah dandan menor buat berangkat meeting bareng bos. Semua jadi berantakan deh” kelu seorang wanita, teman kantor. Masih penasaran dengan istilah “dismenorae”, saya pun googling. Dan. Ternyata artinya itu adalah nyeri hais. Memang, bagi beberapa wanita, datang bulan kadang disertai dengan rasa sakit yang luar biasa. Kondisi tersebut tentu mempengaruhi mood seorang perempuan. Sis, mari simak dan temukan cara menyikapinya.
Pada umumnya, wanita merasakan nyeri atau kram perut menjelang haid yang dapat berlangsung hingga 2-3 hari, dimulai sehari sebelum menstruasi. Jika Anda telah mengalami nyeri haid ini sejak pertama kali menstruasi, hal ini disebut dismenorae primer, dan merupakan hal yang normal atau fisiologis. Dismenorae yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, ada yang merasa biasa namun ada yang sampai tidak dapat menjalankan aktivitas.

Kontransi dinding rahim
Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh setiap wanita ketiak merasakan nyeri perut saat haid? Selama siklus haid, endometrum akan menebal untuk mempersiapkan kehamilan. Setelah ovulasi , jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka tidak akan terjadi kehamilan, sehingga jaringan pada uterus yang menumpuk tidak lagi dibutuhkan dan harus dibuang. Itulah yang disebut haid.
Selama periode haid, terjadi pelepasan hormone prostaglandin dan mediator inflamasi yang akan merangsan uterus untuk berkontraksi. Ketika terjadi kontraksi otot uterus, pembuluh darah sekitarnya akan ikut mengecil secara teratur sehingga terjadi pengurangan pasokan darah ke jaringan endometrium dan kemudian jaringan menjadi rusak dan mati. Kontraksi uterus kemudian berlanjut sehingga ikut memeras jaringan endometrium yang sudah tua dan mati keluar melalui serviks menuju vagia.
Kontraksi uterus yang kurangnya pasokan oksigen sementara di jaringan sekitar menjadi sebab timbulnya nyeri atau kram perut yang dialami selama haid. Wanita yang memiliki kadar hormone prostaglandin yang tinggi akan mengalami kontraksi uterus yang lebih kuat, sehingga selanjutnya akan merasakan sakit perut yang lebih hebat.
Selain menyebabkan timbulnya nyeri perut, prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap keluhan muntah, diare, dan sakit kepala yang kadang terjadi saat haid.

Biang endometriosis
Memang, nyeri haid dapat dianggap sebagai hal yang biasa, asalkan tidak berlebihan. Nyeri haid yang berlebihan adalah salah satu tanpa primer endometriosis sehingga dapat menyebabkan terganggunya system reproduksi. Endometriosis adalah penyakit yang terjadi akibat tumbuhnya selaput lendir rahim(endometrium) di luar rahim. Pemicunya adalah darah haid yang masuk ke rongga perut  serta tumbuh jadi kista. Tak hanya di rongga perut, endometriosis juga dapat terjadi pada saluran indung telur atau di dalam rahim.
Beberapa pakar menggolongkan endometriosis untuk jadikan di antara tipe kista yang tidak ganas serta bukan hanya adalah tumor sejati. Walau tidak beresiko, endometriosis berbentuk kambuhan serta bisa mengganggu kesuburan.
Penataletaksanaan disesuaikan menurut type endometriosisnya, bila telah berbentuk kista maka perlu operasi pengangkatan, namun bila masih berbentuk bercak, cukuplah melalui metode pengobatan medis yang dioptimalkan dengan disertai mengonsumsi suplemen kesehatan. Sebagai usaha pencegahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi rasa nyeri hebat setiap kali haid yang daik reda meskipun sudah minum obat pengurang rasa sakit.

Siap hadapi datang bulan
Ada beberapa cara sederhana mengatasi nyeri haid. Cara yang terpenting adalah dengan mempersiapkan hari datang bulan dengan seksama. Olahraga ringan adalah cara tepat yang bisa dilakukan untuk melenturkan otot-otot sekitar pinggul dan daerah kewanitaan, seperti renang, jalan santai, atau sekedar latihan angkat kaki. Persiapan juga dapat dilakukan dengan mengatur makanan menjelang datang bulan, banyak ramuan herbal yang diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid, seperti kunir asam.
Ketahanan tubuh dan kelancaran sirkulasi darah juga dapat mempengaruhi ketahan tubuh terhadap kontraksi rahim pada saat datang bulang untuk melancarkan sirkulasi darah, sekaligus menambah daya tahan tubuh, Anda dapat mengonsumsi HDI Pollenergy 520 yang dikombinasikan dengan HDI Royal Jelly Liquid yang berguna untuk membantu proses regenerasi sel yang luruh pada dinding rahim. Royal Jelly juga berfungsi menyeimbangkan kadar hormone prostaglandin agar tidak berproduksi berlebih sehingga menghindarkan kontraksi yang berlebihan. Saat tubuh Anda fit, rasa sakit akibat dismenorae dapat terendam dan Anda pun tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa.



Permasalahan lain seputar Haid
-          Amenorea
Amenorea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause.
-          Menoragia
Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80ml/ hari. Menoragia merupakan suatu kelainan menstruasi dimana perdarahan menstruasi
-          Oligomenorea
Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya. Kelainan pada.
-          Polimenorea
Siklus menstruasi  normal berlangsung salama 21-35 hari , dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya
Cara praktis mengurangi sakit akibat dismenorae:
-          ­kompreslah perut dengan menggunakan air hangat yang dimasukkan dalam botol agar praktis.
-          Istirahat atau tidur yang cukup karena ketika sedang istirahat atau tidur seluruh otot akan merasa rileks sehingga rasa nyeripun akan hilang.
-          Hindari minuman dingin, bersoda, ataupun beralkohol. Lebih baik minum air putih hangat.
-          Hindari pemakaian pakaian ketat  menjelang haid dan ketika sedang haid.

No comments:

Post a Comment