Sunday, May 19, 2013

TIP DOKTER ANDA



Menderita Bronchitis Kronis
Yth dr Sumaryati
Saya penderita asma sejak 1985. Kata dokter, asma itu akibat alergi. Pada tahun 2004, sehabis bangun tidur dan terbatuk, mengeluarkan dahak berdarah. Dari hasil ronsen foto thorax terdeteksi menderita bronchitis kronis. Yang saya tanyakan :
1.      Apakah bronchitis sama dengan TBC?
2.      Jika menikah apakah penyakit itu tidak menyebabkan susah hamil?
3.      Apakah penyakit ini bisa menular ke orang lain? Terima kasih
Andini – Lumajang, Jatim

Andik Andini,
Infeksi bronchitis kronis bisa disebabkan berbagai hal, antara lain karena infeksi TBC, tetapi tidak selalu karena infeksi TBC. Untuk memastikannya, selain dengan pemeriksaan ronsen diperlukan pemeriksaan dahak. Bila dalam dahak ditemukan kuman tahan asam, disebut BTA positif, dipastikan infeksi TBC.
Berkaitan dengan keluhan Anda pernah batuk darah, apakah saat ini keluhan masih ada? Dan apakah Anda diberikan pengobatan TBC selama 6 Bulan? Ataukah pada saat ini keluhan tersebut sudah sembuh, karena sudah 2 tahun? Bila sekarang sudah sembuh, berarti Anda tidak menderita TBC. Sebaliknya jika keluha masih ada, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis paru.
Perlu diketahui, TBC dapat disembuhkan dengan minum obat secara tekun dan teratur. Bila sudah sembu tidak akan menular ke orang lain, Anda juga bisa hamil. Harapan saya keadaan Anda sudah membaik, sehingga tidak perlu khawatir.


Keguguran Setelah Minum Air Tebu
Yth dr Sumaryati,
Saya wanita 33 tahun. Setahun lalu saya hamil namun keguguran ketika kandungan baru berusia 1 bulan. Pada waktu itu memang saya minum air tebu dan air kelapa muda, kendari waktunya tidak bersamaan. Yang saya tanyakan :
1.      Apakah minuman itu menyebabkan saya keguguran?
2.      Apakah buah-buahan asam bisa membuat rahim kering?
3.      Apakah suami saya perlu pemeriksaan sperma?
4.      Apakah senam body language dan kegel setiap hari mampu mempermudah kehamilan? Terima Kasih
Tia- Batam

Ny Tia,
Air tebu dan air kelapa tidak menyebabkan keguguran. Demikian pula buah-buahan asam tidak menyebabkan kandungna kering. Malahan, buah yang rasanya asam sangat baik sebab mengandung vitamin C.
Setiap pasangan yang ingin mempunyai anak memerlukan pemeriksaan, baik suami maupun istri. Namun jika suami sudah terbukti mampu menghamili, dapat disimpulkan suami subur sehingga tidak perlu pemeriksaan sperma.
Senam body language dan kegel akan membuat otot-otot dasar panggul kuat, namun tidak ada hubungannya dengan kehamilan. Agar cepat hamil lagi, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan. Upayakan agar melakukan sanggama di masa subuh. Bantu pula dengan minum vitamin E. semoga cepat hamil lagi

No comments:

Post a Comment