Monday, May 20, 2013

Yang Sering Terlupakan



Kebanyakan wanita begitu peduli dengan kecantikan wajahnya. Mereka rela mengeluarkan kocek hingga berjuta-juta rupiah untuk mendapatkan wajah cantik yang di idam-idamkan. Untuk mengusir kerut di sekitar mata, misalnya, mereka rela disuntik botox. Atau untuk menghalusan kulit dan mencerahkan wajah bak bayi mereka memakai chemical peeling. Sayangnya, karena terlalu terfokus pada kecantikan wajah, banyak wania yang melupakan kecantikan tangan mereka. Padahal, sering bertambah usia, aktivitas bertahun-tahun dan terpaan sinar matahari dan berbagai zat kimia membuat tangan berkerut dan berubah warna.
Tapi anda tidak perlu khawatir. Beberapa produk yang biasa anda gunakan di wajah, juga bisa dipakai untuk perawatan tangan Anda. Misalnya, produk” yang mengandung AHA(alpha hidroxy acids), vitamin E, C dan pelembab dan sunblock. Hanya saja, konsentrasi kandungan zat aktifnya lebih kuat. Cara lain yang bisa dilakukan (harus oleh dokter bedah) adalah dengan lipoinjection, yaitu menyuntikan lemak yang diambil dari bagian tubuh lainny seperti perut dan paha. Cara ini pada akhirnya memang cukup berhasil membuat tangan Anda tampak muda kembali, namun proses operasi tersebut cukup menyakitkan, dan menyebabkan tangan Anda membengkak selama beberapa minggu. Selain itu, lemak yang telah disuntikkan lama kelamaan akan dikeluarkan oleh tubuh. Artinya, Anda harus mengulang kembali operasi itu dari awal. Bagaimana, masih tertarik mencoba?

Rahasia Cantik dengan Vitamin V
Konsentrai yang tepat, itulah kuncinya jika Anda ingin mendapatkan kulit yang cantik dengan vitamin C. dalam jumlah dan formula yang pas, vitamin C (ascorbic acid) dapat merangsang produksi kolagen dan elastin, yang berfungsi mengencangkan kulit serta mengurangi kerut-kerut halus. Zat antioksidan yang dikandungnya juga dapat mencerahkan kulit sekaligus mengurangi flek” hitam di wajah akibat paparan sinar matahari.
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Duke University, Medical Center Study menemukan bahwa vitamin C paling baik diserap oleh kulit jika mengandung 20% kensentrasi L-ascorbic dengan pH rendah. Dalam konsentrasi yang lebih besar, misalnya, 25% - 30% justru membuat efektivitas vitamin C berkurang.

Memilih Sunblock
Saya dan anak-anak senang sekali jogging dan berenang. Bolehkah saya menggunakan sunblock biasa untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari? Cukupkah kalau saya hanya memakai pelembab ber-SPF tinggi? Sebaiknya berapa menit sebelum aktivitas sunblock ini dioleskan? Shefia- Jakarta

Untuk kegiatan outdoor, seperti berenang dan jogging, yang dilakukan antara pukul 08.00-16.00, sebaiknya Anda dan anak-anak menggunakan sunblock SPF 20 atau lebih yang tahan air (water resistant) pada wajah dan seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar matahari langsung. Oleskan 30 menit sebelum beraktivitas dan ulangi dua sampai tiga jam sekali, bila Anda berenang atau berolahraga agak lama. Pilih bentuk lotion, bila aea yang perlu dioleskan luas. Bila kulit wajah Anda kering, gunakan bentuk krim.

No comments:

Post a Comment