Wednesday, May 8, 2013

Menghindari Produk Makanan Bermelamin



Hingga kini masih heboh puluhan produk susu china mengandung melamin yang membuat sekitar 50 ribu lebih anak dan bayi di China menjadi korban. Empar anak meninggal dunia karenanya. Produk turunan susu berupa biscuit, permen dan sebagainya, yang juga berasal dari China, bereda di Indonesia dan ditengarai mengandung melamin tersebut.
 
melamin adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam produk plastik, pupuk, perekat, peralatan makanan maupun produk pembersih. Zat kimia itu berupa Kristal berwarna putih, dan kaya akan kandungan nitrogen. Melamin terbilang bahaya jika masuk ke tubuh manusia. Bisa mengakibatkan batu ginjal, penyakit saluran kecil, bahkan berujung pada gagal ginjal. Seramnya, makanan yang mengandung susu bermelamin asal negeri china itu, kini banyak bereda di pasaran Indonesia. Bentuknya berupa biscuit, permen, susu, coklat, es krim, susu dan yoghurt. Umumnya makanan-makanan seperti itu sangat digemari anak-anak. Departemen kesehatan RI sudah memeriksanya dan 12 produ terbukti mengandung melamin, kesemuanya impor. Di antaranya, dua jenis stick wafer oreo, susu bubuk full cream Guozhen, dua jeni kembang gula M&M’s, dan biscuit snickers. Ada juga yang masuk secara illegal, yakni kembang gula white rabbit kemasan biru dan merah, soybean drink with milk kemasan hijau atau kuning, soyspring instant milk cereal, serta soyspring instant peanut. BP POM memang sudah menginstruksikan penarikan produk-produk asal China tersebut, namun untuk jaga-jaga siapa tahu ada yang ketinggalan, sebaiknya hindari produk China yang mengandung susu sampai ada kepastiannya lagi.

Jika ada menemui atau merasakan gejala tertentu usai mengonsumsi makanan, sesegera priksakan diri ke dokter. Gejala-gejalannya seperti : tekanan darah menjadi naik, saat buang air kecil urine menjadi sedikit, atau sama sekali tidak keluar, iritasi, urine mengandung darah, tanda-tanda infeksi ginjal. Jika gejala keracunan itu diabaikan, Anda akan menuai Problem penyakit yang lebih parah ke depannya seperti ginjal, yang bermuara pada gagal ginjal dan kematian. (Teddy)

Memilih Produk Bermelamin
Mengingat serbuan beragam produk sejenis dari negeri Tirai Bambu kian sesak memenuhi pasar di Tanah Air, jika tak cermat salah” tubuh bisa terkontaminasi Zat kimia Berbahaya itu. Berikut beberapa tip yang dapat Anda jadikan Rujukan Agar tak Salah memilih Penganan:
1.      Barang (produk makanan sejenis yang diproduksi di Indonesia aman bebas dari melamin. Pembedanya dengan buata China dapat dilihat melalui penandanya, berupa kode MD, semisal BPOM RI MD 123456789.
2.      Hindari membeli produk berlabel “ML.” produk tersebut berasal dari negeri China.
3.      Jangan membeli produk impor yang tidak jelas kandungannya atau yang menjadi bahan dasarnya.
4.      Jangan biasakan buah hati Anda jajan di sembarang tempat. Solusi terbaik adalah sajikan makanan hasil olahan Anda sendiri.
5.      Berikan pengertian sederhana kepada si kecil tentang dampat butuk bila jajan sembarangan.
6.      Terakhir, hidangkan selalu makanan yang kaya gizi memenuhi standar kesehatan dan criteria gizi dan kesehatan.


No comments:

Post a Comment