Wednesday, May 8, 2013

Mengenal Berbagai Jenis Hepatitis



Banyak orang menderita hepatitis. Berdasarkan jenis virusnya, penyaki yang menyerang hati itu ada 7 macam dengan karakteristik berbeda-beda. Mari mengenal berbagai jenis hepatitis agar mampu mencegah dan mengambil langkah tepat bilang terserang.

Hepatitis berasal dari kata “hepar”(hati) dan “it is”(peradangan). Jadi hepatitis merupakan penyakit peradangan hati. Menurut dr. Irsan Hasan, SpPD, hepatitis disebabkan oleh virus. Berdasarkan penyebabnya, hepatitis ada 7 macam, yakni hepatitis A,B,C,D,E,F dan G. di Indonesia saat ini yang paling sering ditemukan ialah hepatitis A,B dan C. salah satu cirri khas itu penyakit ini ialah kulit penderita menjadi menguning. Hal itu terjadi karena peradangan hati membuat saluran empedu terganggu. Gangguan empedu itulah yang membuat kulit menjadi menguning,
Hepatitis lebih banyak menyerang pria dari pada wanita. Hingga sekarang belum diketahui dengan pasti mengapa bisa demikian. Hanya para ahli menduga hal ini berkaitan dengan factor hormone. Khusu untuk hepatitis E lebih banyak menyerang wanita daripada pria.

KERUSAKAN HATI
Virus hepatitis sangat unik. Tidak mau menyerang organ lain. Ketika seseorang terinfeksi hepatitis di dalam darahnya.  Virus kemudian akan mencari hati dan berkembang biak disana.
Saat berada di hati virus akan menyerangnya sehingga menimbulkan peradangan. Bila tidak segera diatasi bisa menyebabkan kerusakan hati. Hati memiliki berbagai fungsi seperti metabolism protein, lemak dari karbohidrat. Juga untuk menyaring racun, contohnya amoniak. Jika tidak disaring, amoniak akan beredar hingga ke otak dan mengakibatkan stroke. Fungsi hati lainnya yaitu untuk pembekuan darah.
Ketika hati sudah mengeras, maka aliran darah ke hati jadi terhambat, kemudian menumpuk di pembuluh darah tenggorokan(varises esophagus). Lama-lama akan pecah sehingga terjadi muntah darah yang berujung kematian. Beberapa orabng menganggap hatinya pecah. Padahal  yang pecah pembuluh darahnya. Di bawah ini beberapa hepatitis perlu diketahui.

HEPATITIS A
Hepatitis A merupakan jenis yang cenderung ringan. Penyebabnya ialah virus hepatitis A. orang yang terjangkit jenis ini dalam jangka panjang tidak masalah. Karena tidak berlanjut ke hepatitis kronik atau kanker. Hepatitis A yang menyerang anak biasanya tidak menimbulkan gejala. Sedangkan bagi orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu, rasa lelah, demam, diare,mual, nyeri peurt, mata kuning dan nafsu makan menghilang.
Masa inkubasinya paling cepat sekitar 2 minggu. Orang yang pernah terinfeksi hepatitis A akan menjadi kebal terhadap penyakit tersebut. Sekitar 60% masyarakat Indonesia yang berusia di atas 30 tahun pernah terkena hepatitis A. malahan di papua, prosesnya lebih tinggi lagi. Sekitar 99% hepatitis A bisa disembuhkan. Sisanya 1% bisa berakhir dengan kematian. Virus ini menukar lewat makanan.

HEPATITIS B
Hepatitis B paling sering ditemui di Indonesia. Penyebabnya ialah virus hepatitis B. jenis ini paling berbahaya, sebab bisa menyebabkan sirosis hati atau kanker. Gejala yang ditimbulkan mirip haptitis A, seperti sering flu, hilangnya nafsu makan, mual,muntah, rasa lelah, urin menjadi gelap, mata kuning dan demam. Penularannya dapat melalui jarum suntik, darah,cairan tubuh, jarum tato yang terkena virus hepatitis B, dan transfuse darah. Virus ini tidak menular melalui makanan.
Masa inkubasinya cukup lama antara sastu sampai dua bulan, dan tanpa melalui sirosis bisa mengakibatkan kanker. Kanker hati ketidak diketahui umumnya sudah dalam keadaan terlambat. Penangannya sudah sulit. Pendeita paling lama hanya bertahan 4-5 bulan..

HEPATITIS C
Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C. jumlah penderita jenis ini di Indonesia sekitar 6-7 juta. Hepatitis C secara perlahan-lahan bisa berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Gejalanya hampir sama dengan hepatitis A dan B. penularannya antara lain melalui pisau cukur atau sikat gigi.
Virus ini tidak menular melalui pelukan, jabat tangan, bersin, batuk, berbagai alat makan dan minum, atau kontak lain yang tidak berhubungan dengan darah.
Masa inkubasi penyakit ini sekitar 3 bulan. Penderita hepatitis C dapat menularkan ke orang lain setelah 2 minggu terinfeksi. Sebaiknnya orang yang terkena hepatitis C menghindari alcohol karena akan memperparah kerusakan  hati. Bila segera diatasi, akan sembuh.
HEPATITIS D
Jenis ini muncul ketika seseorang terkena virus hepatitis B. karena virus hepatitis D menempel pada hepatitis B, proses penularannya juga sama dengan hepatitis B, yakni melalui darah dan cairan tubuh. Biasanya sembuh ketika hepatitis B dapat teratasi. Hepatitis D tidak menampakkan gejalan dan tidak menyebabkan kematian secara langsung.

HEPATITIS E
hepatitis E sifatnya mirip hepatitis A menular lewat makanan. Gejalanya juga demam, pegal linu, hilang nafsu makan, sakit perut. Penyakit ini bisa sembuh sendiri. Kecuali bila terjadi pada kehamilan khusunya pada trimester ketia, dapat menyebabkan kematian ibu.
banyak menyerang wanita. Pencegahan terbaik adalah vaksinasi. Hanya, ibu hamil yang terkena hepatitis E tidak diperkenankan divaksinasi. Penularannya melalui air yang terkontaminasi feces. Di Indonesia kasus hepatitis E cukup banyak. Sayangnya sering tidak dilaporkan kepada petugas. Hepatitis ini banyak ditemukan di India. Masa inkubasinya rata-rata sekitar 1 bulan.

HEPATITIS F
Awalnya hepatitis F termasuk dalam kelompok penyakit hepatitis. Hal itu disebabkan gejalanya mirip dengan hepatitis pada umumnya. Organ yang diserang juga sama, yakni hati. Namun setelah dilakukan penelitian, ternyata jenis virusnya berbeda. Itulah sebabnya mengapa hepatitis F tidak termasuk ke dalam kelompok hepatitis. Penyakit ini mudah diatasi.

HEPATITIS G
Hepatitis G memiliki gejala serupa dengan hepatitis C. seringkali infeksinya bersamaan dengan hepatitis B atau C. herpatitis G tidak menyebabkan kondisi kronis.
Penularannya melalui jarum suntik, transfuse darah. Sayangnya masa inkubasinya belum jelas. Hingga kini belum ada obat yang spesifik untuk hepatitis G.
Karena itu penderita hepatitis G harus banyak istirahat, menghindari alcohol,rokok, kopi, obat-obatan tanpa resep dokter dan mengonsumsi makanan bergizi.

PENCEGAHAN HEPATITIS
Ada beberapa langkah untuk menghindari tertular hepatitis, antara lain:
1.      Jarang menggunakan secaran bersama sikat gigit, handuk kecil, pencukur kumis atau apapun yang memungkinkan kontak dengan darah atau cairan tubuh penderita. Bagi pria jika pergi ke barber shop disarankan membawa pisau cukur sendiri
2.      Bagi penggemar tato atau wanita yang ditindik hindari memakai jarum bekas, mintalah yang baru
3.      Wanita yang menjaga kecantikan kuku denan pedi cure dan manicure juga sebaiknnya meminta alat yang steril.
4.      Cuci tangan dengan bersih setelah menyentuh darah atau cairan tubuh penderita.
5.      Gunakan kondom hingga pasangan anda terbukti sembuh dari hepatitis.
6.      Yang paling aman dan terjamin ialah melakukan vaksinasi. Vaksinasi hepatitis sekarang ini sudah bisa di lakukan di berbagai tempat pelayanan kesehatan.
\
PENGOBATAN HEPATITIS B dan C
Penyakit hepatitis yang paling berbahaya adalah hepatitis B dan C. hepatitis ini bisa menyebabkan kanker hati. Penannganan kedua hepatitis itu dengan obat suntik satu kali atau tiga kali seminggu. Fungsi obat untuk meningkatkan system imunitas tubuh.
Untuk hepatitis C biasanya diberikan obat kombinasi. Terkadang bisa juga diberikan obat oral. Obat-obatan tersebut termasuk golongan analog nukleosida, yakni obat oral yang mengganggu kemampuan virus untuk berkembang dan menginfeksi sel-sel hati lebih banyak lagi. Pembelian obat tidak ada batasan waktu. Selama masih diperlukan, obat harus terus diberikan.



No comments:

Post a Comment