Monday, May 13, 2013

Konsultasi Kesehatan



Betis Kram Pada Malam Hari
Assalamualaikum,
Dok, kenalkan nama saya tuti ardianti, usia 42 tahun, saya mempunyai keluhan sejak tiga bulan ini, saya sering merasa betis terasa nyeri, kran yang teramat sangat, pada malam hari, ini membuat saya terbangun karena nyeri dan serba salah didiamkan nyeri, dipakai gerak juga nyeri, sehingga yang bisa saya lakukan hanya memijat lembut dan akhirnya hilang sendiri. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun bila datang serangan sangat mengganggu. Aktibitas keseharian saya tidak ada masalah, hanya saya akui memang saya tidak pernah berolahraga. Apa penyebab nyeri terseut? Dan apa yang dapat saya lakukan?
Wassalamualaukum wrm wbr. Tuti Ardianti, lampung

Jawab
Assalamualaikum wrm wbr,
Mekanisme kram kaki terjadi pada malam hari masih belum diketahui pasti. Namun dari studi beberapa kasus di manca Negara, kram kaki malam hari terkait dengan neuropati/ menurunnya sensibilitas sensori dan kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12 pada wanita yang melakukan aktivitas statis yang cukup lama seperti duduk terlalu lama, jalan kaki jarak jauh.
Beberap modifikasi gaya hidup yang dapat dilakukan adalah menjaga waktu tidur yang tepat dan hindari factor pencetus seperti asupan alcohol, kopi, stress, kerja dengan system piket malam dan melakukan aktivitas berlebihan menjelang tidur, kondisi tubuh yang kekurangan cairang/dehidrasi dan penggunaan pil KB juga dapat memicu kram betis malam hari.
Untuk mencegah terjadinya kran kaki malam hari disarankan melakukan berapa gerangan peregangan ringan menjelang tidur dan cukup mengonsumsi makanan yang mengandung cukup mineral. Jika terjadi serangan, usahakan melangkah atau goncangkan kaki anda kemudian dapat melakukan peregerangan otot betis.

Bila gejala terus berlanjut, misalnya terjadi episode 3 sampai 5 kali dalam seminggu, direkomendasikan untuk melakukan pengobatan oral. Memang tersedia pengobatan oral yang dapat mengurangi keluhan kram betis malam hari, namun sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan serologi meliputi elektroforesis protein, factor rheumatiotid, pemeriksaan hormone tiroid, fungsi hati dan HBA1C jika di curigai penyebab kram kaki adalah neuropati perifer. Namun, hal ini harus melalui pemeriksaan dokter.
Demikiran jawaban saya dan terima kasih atas petanyaan Anda.Wassalam


Telapak Kaki Terasa Nyeri
Assalamualaikum,
Dok, kenalkan nama saya ratri, saya seorang guru usia 44 tahun, dengan keluhan telapak kaki kanan terasa nyeri. Rasa nyeri ini terutama dirasakan pagi hari, ketika terbangun saya menapakkan kaki ke lantai. Keluhan ini terasa terus sepanjang hari, walaupun intensitas nyeri lebih ringan dibandingkan pagi hari, namun tetap saja saya merasa tidak nyaman dan terganggu dengan kondisi ini, karena pekerjaan saya yang mengharuskan berdiri pada saat mengajar dan bolak balik inspeksi melihat pekerjaan murid di kelas.
Apa penyebab keluhan ini dan apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi keluhan ini. Terima kasih. Ratri Sumiskum, Semarang

Jawab
Assalamualaikum wrm wbr,
Rasa nyeri yang dirasakan pada  pada telapak kaki disebut plantar fasciitis adalah peradangan jaringan tebal berserat pada telapak kaki. Jaringan ini berfungsi sebagai shock absorber(peredam/bantalan) pada telapak kaki. Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang sepanjang malam, setelah sebelumnya terjadi robekan kecil akibat proses paradangan pada jaringan tersebut.
Penyebabnya multifaktorial. Beberapa factor risiko penyebab plantas fasciitis adalah kegemukan/ obesitas, kondisi pekerjaan yang mengharuskan banyak berjalan atau berdiri lama, aktivitas olahraga yang menempatkan sejumlah tekanan pada tulang tumit dan jaringan yang melekat di sekitar tumit, bentuk permukaan kaki yang datar atau lengkung telapak kaki yang tinggi, fakor usia terutama pada usia paru baya atau lebih tua dan penggunaan alas kaki yang tidak ergonomis.
Biasanya gejala ini akan sembuh sendiri, namun ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi keluhan tersebut. Lakukan pemijatan atau compress es/dingin selama 15-20 menit, istirahatkan kaki anda dan lakukan peregangan pada lengkung kaki anda. Bila anda berolahraga,disarankan menghindari kegiatan yang rendah hentakan di daerah telapak kaki seperti bersepeda dan berenang  dan jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang ergonomis, yang dapat menyangga lengkung kaki secara sempurna dengan bantalan sol yang lenak.
Bila keluhan nyeri telapak kaki masih berlanjut, disarankan konsul dengan dokter Anda, untuk dilakukan pemeriksaan lanjut dan pengobatan bila perlu.
Demikian jawaban saya ibu ratri, semoga dapat membantu.
Wassalamualaikum wrm wbr.

No comments:

Post a Comment