Tuesday, May 21, 2013

Ngemil Diet



Ngemil sambil Tiduran atau Duduk?
Ngemil sambil tiduran ternyata akan membuat Anda cepat lapar daripada sambil duduk tegak. Tidak percaya? Dalam suatu penelitian di University of Adelaide, Australia, Pertama-tama Responden diminta mengkonsumsi minuman yang mengandung gula sambil duduk. Kemudian, mereka diminta mengulangi aktivitas tersebyt dalam posisi tiduran dengan kepala bersandar. Setengah jam kemudian hasilnya diteliti. Ternyata, bila Anda minum sambil duduk, cairan yang tetap tinggal di dalam perut dua setengah kali lebih banyak daripada sambil tiduran. Hal yang sma berlaku bila Anda sedang makan. Jika dilakukan sambil duduk atau berdiri, makanan akan tersimpan di perut bagian bawah, sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar.

TRACY TRINITA “ saya cenderung pemilih dalam urusan makan. Ada jenis-jenis makanan tertentu yang nggak saya sukai, seperti daging sapi, kambing, dan babi. Dan saya juga kurang suka beberapa jenis sayur. Solusinya, kalau ketemu sayur yang saya suka, saya akan memperbanyak porsinya.”

Diet Melalui E-mail
Mencari ‘teman seperjuangan’ untuk diet? Mungkin anda bisa menemukannya di dunia maya. Studi ini dilakukan oleh Gladys Block, PhD., guru besar epidermiologi di University of California, Amerika Serikat, dalam program worksite Internet Nutrition terhadap 84 Karyawan suatu perusahaan.
Responden diminta mengisi kuesioner tentang kebiasan makan dan gaya hidup mereka. Misalnya, sering jajan atau selalu mengkonsumsi ‘makanan rumahan’ selanjutnya, Block mengirimkan saran untuk mengubah pola diet mereka via E-mail setiap minggu berdasarkan keinginan responden. Misalnya, dengan mengurangi lemak atau menambah asupan sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan demikian, isi E-mail tersebut disesuaikan dengan gaya hidup dan tujuan diet responden.
Setelah dilaksanakan selama 12 minggu, sebanyak 83% responden mencoba mengubah pola makannya berdasarkan anjuran itu dan 69%-nya berhasil. Penasaran? Coba kirim e-mail ke WIN@nutrituinquest.com


Mengurangi Nasi
Dokter Drupadi, saya ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi pengkonsumsian nasi. Apakah cara ini baik? Berapa kalori terdapat dalam sekeping nasi? Berapa porsi nasi yang sebaiknya saya konsumdi dalams sehari? Mona – Jakarta

Nasi merupakan sumber enerji yang dapat diganti oleh bahan makanan lain, seperti kentang, umbi-umbian,atau tepung dan hasil olahannya. Satu piring nasi kira-kira mengandung 175 kalori dan setara dengan 2 buah kentang rebus ukurang sedang. Untuk memastikan kandungan energy, tentunya bahan makanan tersebut harus ditimbang. Kebutuhan enerji Anda dapat ditentukan dengna perhitungan khusus yang memerlukan data, umur, tinggi, dan berat badan Anda.

No comments:

Post a Comment