Monday, May 20, 2013

Rahasia Bahu Kokoh





Bahu yang kuat memegang peran penting dalam menunjang aktivitas Anda. Kuncinya terletak pada kekuatan otot bahu yang seimbang.

Gerakan sehari-hari seperti memikul dan melempar barang, meyisir rambur, atau menuang air mengandalkan otot-otot pembungkus tulang dan sendi bahu( deltoid). Namun sayangnya ternyata kebanyakan orang memiliki otot deltoid di sisi depan dan belakang bahu yang tidak seimbang. Sebenarnya, hal ini tidak mengherankan. Selain karena kita cenderung lebih sering menggerakan otot deltoid bagian depan, otot ini pun memang lebih besar dari sananya. Ketidakseimbangan pun semakin parah karena seringnya otot ini menahan beban saat memanggul backpack ataupun shoulder bag.
Masalahnya, jika deltoid bagian depan menjadi lebih kuat ketimbang bagian belakang, maka sendi bahu akan rentan cedera. Sendi bahu pun lebih mudah bergeser dari tempatnya. Itulah pentingnya menguatkan deltoid bagian belakang. Berikut ini latihan yang dapat menguatkan otot-otot bahu bagian belakang secara efisien.
Langkahnya :
1.      Berbaringlah pada sisi kanan. Tangan kanan menyangga kepala, tangan kiri memegang dumbel. Julurkan dumbel lurur ke depan sejajar dengan lantai. Putar pergelangan tangan kearah dalam hingga siku menghadap ke sisi luar atas dan ibu jari lebih dekat dengan lantai.
2.      Perlahan-lahan angkat tangan hingga dumbel hampir tegak lurus dengan bahu. Jaga agar tida lebih jauh dari itu. Lalu turunkan kembali hingga dumbel hampir menyentuh.

Lakukan dengan teknik yang benar :
-          Perhatikan cara menggenggam dumbel. Jaga agar pergelangan tangan tetap lurus, tidak menekuk ke atas, bawah, kanan, atau kiri.
-          Perhtakankan posisi tubuh agar tidak bergerak, tidak berguling ke depan atau belakang. Hanya lengan anda yang bergerak.
-          Pilih berat dumbel sesuai dengan kemampuan Anda.

No comments:

Post a Comment