Monday, May 6, 2013

COLOR YOURSELF HEALTHY



Mengkonsumsi buah dan sayuran dengan warna yang berbeda setiap hari adalah kunci dari kesehatan optimal.
Selama ini kita sering menganggap bahwa buah dan sayur hanya baik sebagai sumber serat untuk memperlancar proses pencernaan. Sumber serat yang kita konsumsi sehari – hari pun masih terbatas pada sayur hijau. Padahal  kalau kita jeli memanfaatkan buah dan sayur dalm diet sehari – hari, manfaatnya pun bermacam – macam, karena buah dan sayur mengandung fitonutrisi yang baik untuk kesehatan kita.
Fitonutrisi merupakan senyawa kimia pada tumbuhan yang berfungsi menjaga tumbuhan dari lingkungan sekitar, pemangsa, virus, bakteri dan jamur. Ratusan fitonutrisi telah diketahui manfaatnya bagi kesehatan manusia, antara lain: lutein, lycopene, resveratrol, beta – carotene, allicin. Bahan – bahan aktif ini terbukti memiliki banyak kegunaan, seperti menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, membantu pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh, serta sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Berbagai Warna Berbagai Manfaat
Berbagai warna yang buah dan sayur memiliki berbagai kandungan fitonutrisi yang berbeda – beda, yang semuanya bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi, warnai piring Anda setiap hari dengan berbagai buah dan sayur yang berbeda – beda agar dapat memberi manfaat optimal bagi kesehatan Anda.

Jingga – Kuning
Mengandung Alpha Carotene, Beta carotene, Hesperidin, Beta Cryptoxanthin sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker kulit dan penuaan dini. Selain itu juga sebagai sumber vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi untuk mencegah anemia dan rasa letih berlebih. Juga membantu kesehatan mata, meingkatkan sistem imun, menjaga kelembapan kulit, tumbuh – kembang yang sehat.
Di dapat dari:  Lemon, markisa, jeruk, labu kuning, wortel, apricot, ubi,  tangerines, labu, pepaya, jagung, nanas dan pisang.

Hijau
Mengandung Lutein/Zeaxanthin, Isoflavones, Isothiocyanate, EGCG, vitamin dan mineral yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga untuk mata dan kulit. Vitamin K dalam sayuran hijau membantu  tubuh menyerap kalsium untuk kekuatan tulang, pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat. Juga membantu kesehatan sel, mendukung fungsi pembuluh arteri, kesehatan paru – paru, menjaga fungsi dan kesehatan hati.
Di dapat dari:  Teh hijau, kale, collard greens, bayam, paprika hijau, selada air, daun letus, zucchini, brokoli, brussels sprouts, green beans, soybeans, buncis, sawi hijau,  dan kedelai.

Merah
Mengandung Lycopene dan Ellagic Acid, antioksidan tinggi yang juga melindungi tubuh dari infeksi virus an mencegah penuaan dini. Selain itu antioksidan dalam buah berwarna merah melindungi sel tubuh dari kerusakan dan baik untuk kesehatan kulit karena melindungi lapisan kolagen dalam tubuh. Juga menjaga kesehatan prostat dan DNA.
Di dapat dari:  Jambu, delima, lobak, raspberries, strawberries, acerola cherries, tomat, apel merah, cranberries, semangka dan jeruk grapefruit.

Ungu – biru hitam
Mengandung anthocyanidins resevatrol, striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon yang merupakan senyawa aktif yang bisa menghambat serangan gugup atau kekejangan saraf. Selain manfaat antioksidan yang tinggi, sayur dan buah berwarna ungu – biru hitam ini baik untuk memperlancar peredaran darah. Juga menjaga kesehatan sistem kognitif, jantung, mendukung fungsi pembuluh arteri, perlindungan antioksidan.
Di dapat dari:  Figs, anggur, blueberries, boysenberries, kubis merah, black currant, terung, ubi ungu, kacang hitam, plum, bit, blackberries dan plum.

Putih
Mengandung Allicin dan Quercetin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan fungsi arteri dan kelancaran peredaran darah. Juga  menjaga kesehatan tulang, peredaran darah, dan mendukung fungsi pembuluh arteri.
Di dapat dari:  Turnips, bawang bombay, jamur, horseradish, kacang putih, parsnip, bawang putih,  kembang kol, Black – eyed peas, buah pir dan White kidney bean.

Berbagai warna buah dan sayur ini memberi Anda semua fitonutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu Anda mendapatkan kesehatan optimal setiap hari.

No comments:

Post a Comment